29 April 2024 - 16:11 16:11

Banjir Rendam 5 Kecamatan di Kolaka Sultra

WARTAPENANEWS.COM –  Tingginya curah hujan yang terjadi di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara mengakibatkan banjir hingga tersebar di lima kecamatan kabupaten tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka, Akbar mengatakan banjir terjadi sejak Sabtu (20/1/2024) lalu dan merendam ribuan rumah. Ini terjadi di lima kecamatan di antaranya Kecamatan Kolaka, Latambaga, Samataru, Lwoimendaa, dan Kecamatan Wolo.

“Yang terendam banjir sebanyak 1.011 rumah,” kata Akbar, Senin (22/1/2024).

Berdasarkan catatan BPBD, di Kecamatan Kolaka sebanyak 78 rumah warga dengan rincian 53 unit di Kelurahan Watuliandu dan 25 unit di Lamokato. Kemudian di Latambaga terdapat 963 rumah yakni 127 unit di Kelurahan Sakuli dan 760 unit di Mangolo.

Kemudian di Kecamatan Samaturu terdapat 52 rumah yakni di Desa Konaweha 9 unit, Desa Ulu Konaweha 41 unit dan Desa Latuwo dua unit, sedangkan Desa Amanutu yang terdampak adalah persawahan yang terendam.

Selanjutnya di Kecamatan Wolo, banjir merendam 20 rumah di Kelurahan Ulu Wolo akibat luapan sungai, dan Kecamatan Iwoimendaa terdapat 10 rumah warga Desa Tamborasi

Menurutnya, BPBD juga telah mengevakuasi warga yang terdampak banjir sesekaligus mendirikan tenda-tenda pengungsian serta dapur umum untuk membantu korban banjir.

“Personel telah ke lokasi untuk membantu melakukan pembersihan di rumah warga terdampak serta mendata jumlah korban. Kemudian air bersih disalurkan plus tandonnya sebagai penampungan,” pungkasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03