20 May 2024 - 14:44 14:44

Bantu Mengairi Persawahan, Ganjar Sejati dan Petani di Kota Banjar Bangun Bak Penampungan Air

IPOL.ID – Sukarelawan Ganjar Sejati bersama para petani secara gotong royong membangun bak penampungan air di salah satu lumbung padi di Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (17/7).

Bak penampungan air tersebut diharapkan dapat membantu para petani untuk mengairi lahan persawahan tadah hujan seluas sekitar 60 hektare di sekitarnya.

“Kami dari tim sukarelawan Ganjar Sejati memprakarsai untuk swasembada pembuatan bak penampungan air untuk kelompok tani di Kota Banjar. Pembangunan itu rencananya hari ini atau dua hari ke depan sudah selesai,” kata Koordinator Ganjar Sejati Banjar, Sugeng Priyadi pada awak media, Senin (17/7) siang.

Kegiatan gotong royong pembangunan bak penampungan air itu, sambung dia, posisinya terletak di Dusun Sindanggalih, Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Sugeng mengungkapkan alasannya memilih lokasi tersebut, karena merupakan salah satu lumbung padi di Kota Banjar yang selama ini selalu terkendala dalam pengairan dari saluran irigasi Sungai Citanduy.

Melalui kegiatan itu pula, katanya, para sukarelawan Ganjar Sejati turut memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) di 2024 kepada petani setempat.

Kesempatan itu pun dimanfaatkan oleh para petani untuk menyampaikan harapannya terhadap Ganjar apabila terpilih menjadi Presiden Indonesia di 2024 mendatang.

“Harapan kami tentunya untuk Pak Ganjar dapat memperhatikan para petani. Terutama tentang pengairan dan pupuk. Mudah-mudahan sebagai solusi pupuk dan air itu bagi petani harapannya tentu mudah dan gampang,” pinta Sugeng.

Selama ini, lanjutnya, para petani di Kota Banjar mengaku sering mengeluhkan harga pupuk yang relatif mahal. Tak hanya itu, mereka juga kerap kesulitan mendapatkan pupuk di pasaran.

“Jadi keluhan petani paling penting adalah (membuat) harga pupuk murah dan tersedia. Harapannya untuk Pak Ganjar di 2024 jika menjadi Presiden berikutnya supaya memperhatikan para petani agar harga-harga untuk pertanian tentunya harga jual dan harga belinya semakin terjaga,” tukas Sugeng.

Dia menambahkan, program kegiatan para sukarelawan Ganjar Sejati di Kota Banjar saat ini juga difokuskan untuk mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepedulian para sukarelawan itu ditunjukkan dengan mengadakan beberapa kali kegiatan pelatihan bagi para pelaku UMKM di wilayah Kota Banjar dan sekitar.

“Sektor lainnya di sini dari sektor UMKM. Untuk di Kota Banjar, UMKM sudah beberapa kali (kami) mengadakan pelatihan di sektor itu seperti pembuatan tahu, roti dan tape,” tutur Sugeng.

Kegiatan-kegiatan itu diakui berhasil meningkatkan dukungan masyarakat terhadap Ganjar untuk menjadi Presiden selanjutnya.

“Untuk sukarelawan di wilayah Kota Banjar khususnya Langensari itu mungkin sudah berkisar sekitar 20 relawan atau lebih (yang terdata). Yang tidak terdata mungkin bisa 500-an,” beber Sugeng.

Sementara itu, salah seorang petani yang mengikuti kegiatan, Nana Supriatna, mengapresiasi inisiatif kelompok sukarelawan Ganjar Sejati untuk membantu meningkatkan pada sektor pertanian.

Nana mengaku optimistis kontribusi para sukarelawan Ganjar akan bermanfaat besar secara langsung terhadap para petani yang selama ini terdampak kekurangan air untuk sawahnya.

“Kalau setelah ada bak penampungan alhamdulillah mudah-mudahan (lahan) yang luasnya 60 hektar bisa terairi semua,” ujar Nana.

Sebab, selama ini para petani di kawasan tersebut diakui sering terkendala suplai air minim, terutama pada saat musim kemarau.

Mereka khawatir akan mengalami hal yang sama pada musim kemarau yang akan datang apabila tidak segera ditindaklanjuti.

“Kendalanya, air Pak. Sama sekali (kekurangan), soalnya ini (lahan) tadah hujan namanya. Petaniannya tadah hujan. Jadi kalau di sana sebelah jalan kereta ke sana ada sier, ke sininya mah enggak, sama sekali tadah hujan. Jadi kendalanya itu. Dengan adanya bak air mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dan besar barokahnya,” ucapnya.

Mewakili para petani di kawasan tersebut, Nana menyatakan dukungannya terhadap Ganjar agar menjadi Presiden selanjutnya di 2024. Dengan harapan dapat memajukan sektor pertanian nasional.

“Mudah-mudahan Pak Ganjar menjadi Presiden 2024. Untuk para petani dapat diperhatikan bisa berjalan seimbang antara pupuk dan UMKM agar bagus dan maju bersama,” tutup Nana. (Joesvicar Iqbal/msb)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
20 May 2024 - 12:18
KNKT: Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Belum Terlalu Tua

WARTAPENANEWS.COM – Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor PK-IFP 172 yang jatuh di BSD, Tangerang Selatan, Minggu (19/5/2024) mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

01
|
20 May 2024 - 11:17
Dendam karena Dihukum Salin 2 Juz Al-Quran, Santri di Palangka Raya Bunuh Ustazah

WARTAPENANEWS.COM –  Santri berinisial FA (13 tahun) harus berhadapan dengan hukum. Ia membunuh seorang ustazah bernama Najma (35) di area salah satu pondok pesantren di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kabid

02
|
20 May 2024 - 10:16
Sepakat Damai, Inara Rusli dan Virgoun Cabut Laporan di Polda Metro Jaya

WARTAPENANEWS.COM – Inara Rusli dan Virgoun baru-baru ini mengabadikan momen pertemuan di sebuah tempat yang diunggah melalui akun instagram milik Inara @mommy_starla. Keduanya bersepakat untuk menempuh upaya damai dan memutuskan

03