20 April 2024 - 14:45 14:45

Banyak peluang, Taiwan-RI Bakal Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah Taiwan menegaskan kembali komitmennya untuk meningkatkan kerja sama investasi dan perdagangan dengan Indonesia, mengingat banyak peluang baru yang bermunculan di berbagai provinsi Indonesia.

“Kami menyambut baik strategi baru Taiwan yang disebut New Southbound atau orientasi kebijakan baru yang mengarah ke selatan itu yang dijalankan oleh pemimpin tertinggi Taiwan Tsai Ing-wen,” kata Wakil Ketua DPD RI Mahyudin lewat keterangannya di Jakarta, Selasa (10/12).

Hal itu dikatakan Mahyudin dalam pertemuannya dengan Wakil Kepala Taiwan Economic and Trade Organization (TETO) Peter Lan di Gedung Nusantara III Senayan, Jakarta.

Mahyudin menyampaikan hubungan ekonomi dan perdagangan antara Taiwan dan Indonesia terus meningkat sebagaimana tampak dalam nilai investasi langsung Taiwan di Indonesia yang sudah melampaui 400 juta dolar AS di berbagai proyek terhitung tahun ini.

Adapun nilai perdagangan bilateral mencapai 8,1 miliar dolar AS dengan pertumbuhan sebesar 15,7 persen pada tahun lalu.

Menurut Mahyudin, angka ini cukup signifikan, namun belum diperluas ke sektor-sektor lainnya termasuk sektor ekonomi kreatif yang kini semakin berkembang di berbagai provinsi di Indonesia.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada para investor dan pebisnis Taiwan untuk memperluas kerja sama dengan pelaku ekonomi di 34 provinsi Indonesia sebab banyak peluang baru kini bermunculan di daerah-daerah itu.

Menyambut imbauan itu, pimpinan Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan tersebut mengatakan bahwa mereka datang ke DPD RI karena Pemerintah Taiwan yakin akan peran penting DPD RI dalam mendorong perekonomian di berbagai daerah di Indonesia.

Peter Lan juga mengatakan Pemerintah Taiwan ingin mendengar banyak masukan dari DPD RI dan juga dari Pemerintah Indonesia tentang apa yang perlu dilakukan lagi guna memperluas kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Taiwan dan Indonesia.

“Kami datang untuk mendengar masukan dari Yang Mulia Bapak pimpinan DPD RI dan juga para Senator untuk meningkatkan dan memperluas hubungan kerja sama kita,” ujar Peter Lan.

Dengan adanya orientasi baru itu maka Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dapat bekerja sama lebih luas lagi dengan Taiwan di bidang investasi dan perdagangan. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03