30 Januari 2023 - 16:11 16:11
728x90

Bawaslu Tekankan ASN Jaga Netralitas

WartaPenaNews, Jakarta – Jelang Pemilu Serentak 2019, Ketua Bawaslu Abhan meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap menjaga netralitas dan profesionalitasnya.

“ASN memang memiliki hak pilih tidak seperti TNI dan Polri. Tapi ASN diminta untuk menjaga profesionalitasnya dan tetap menjaga netralitas,” kata Abhan di Jakarta, Senin (11/2).

Selain itu, Abhan meminta kerjasama masyarakat untuk bersama menghindari politik uang, isu dan politisasi Sara, hoax, ujaran kebencian dan turut serta menyukseskan Pemilu Serentak 2019. Abhan menyebut terdapat perubahan paradigma pada Pemilu 2019 yakni dengan beberapa perbedaan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan sebelumnya.

Menurut dirinya, perubahan dan perbedaan cara pandang ini menyangkut beberapa hal, diantaranya pelaksanaan pemilihan umum dilakukan secara serentak, yaitu pemilihan presiden dan wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Ambang batas parlemen juga naik menjadi 4 persen dibandingkan pemilihan legislatif sebelumnya hanya 3,5 persen membuat kompetisinya juga berbeda, ditambah 16 partai politik harus bekerja keras, bahkan kompetisi sesama partai politik sangat ketat dan dinamis,” papar Abhan.

Selain itu, dirinya menuturkan sistem proporsional terbuka membuat potensi kompetisi caleg dalam satu antar calon di dalam partai politik dan di dalam daerah pemilihan semakin ketat.

Abhan pun menambahkan selama pelaksanaan masa kampanye, pihaknya menemukan beberapa fenomena yang kerap muncul di Pemilu 2019 ini, seperti isu dan politisasi Sara, hoax dan ujaran kebencian.

“Isu sara, politik uang, menghina, menghasut, memfitnah, adu domba, ancaman kekerasan atau penganjuran cara kekerasan. Media sosial juga jadi sarana untuk kampanye hoax, ujaran kebencian. Inilah yang harus dihindari untuk menjaga kondusivitas,” tambahnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03