26 May 2024 - 04:41 4:41

Bawaslu Tekankan ASN Jaga Netralitas

WartaPenaNews, Jakarta – Jelang Pemilu Serentak 2019, Ketua Bawaslu Abhan meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap menjaga netralitas dan profesionalitasnya.

“ASN memang memiliki hak pilih tidak seperti TNI dan Polri. Tapi ASN diminta untuk menjaga profesionalitasnya dan tetap menjaga netralitas,” kata Abhan di Jakarta, Senin (11/2).

Selain itu, Abhan meminta kerjasama masyarakat untuk bersama menghindari politik uang, isu dan politisasi Sara, hoax, ujaran kebencian dan turut serta menyukseskan Pemilu Serentak 2019. Abhan menyebut terdapat perubahan paradigma pada Pemilu 2019 yakni dengan beberapa perbedaan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan sebelumnya.

Menurut dirinya, perubahan dan perbedaan cara pandang ini menyangkut beberapa hal, diantaranya pelaksanaan pemilihan umum dilakukan secara serentak, yaitu pemilihan presiden dan wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Ambang batas parlemen juga naik menjadi 4 persen dibandingkan pemilihan legislatif sebelumnya hanya 3,5 persen membuat kompetisinya juga berbeda, ditambah 16 partai politik harus bekerja keras, bahkan kompetisi sesama partai politik sangat ketat dan dinamis,” papar Abhan.

Selain itu, dirinya menuturkan sistem proporsional terbuka membuat potensi kompetisi caleg dalam satu antar calon di dalam partai politik dan di dalam daerah pemilihan semakin ketat.

Abhan pun menambahkan selama pelaksanaan masa kampanye, pihaknya menemukan beberapa fenomena yang kerap muncul di Pemilu 2019 ini, seperti isu dan politisasi Sara, hoax dan ujaran kebencian.

“Isu sara, politik uang, menghina, menghasut, memfitnah, adu domba, ancaman kekerasan atau penganjuran cara kekerasan. Media sosial juga jadi sarana untuk kampanye hoax, ujaran kebencian. Inilah yang harus dihindari untuk menjaga kondusivitas,” tambahnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03