29 March 2024 - 08:11 8:11

BAZNAS Bangun Ruang Isolasi Observasi untuk Suspect Covid-19

WartaPenaNews, Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membangun ruang isolasi observasi untuk masyarakat yang mendatangi Rumah Sehat BAZNAS dalam keadaan sakit yang mengarah terjangkit virus Corona atau suspect Covid-19. Ruangan ini digunakan sebagai ruang isolasi observasi sementara sebelum dibawa ke rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

Kepala Lembaga Program BAZNAS, Dr. Reza Ramdhoni mengatakan ruang isolasi observasi Rumah Sehat BAZNAS ditempatkan terpisah dengan ruangan lain, namun tetap berdekatan dengan ruang UGD. Sehingga jika terjadi kegawatan pada suspect Covid-19 dapat dilakukan penanganan yang cepat dan tepat.

“Pembangunan ruang isolasi observasi oleh Rumah Sehat BAZNAS ini adalah mencegah kemungkinan terburuk manakala banyak kelompok miskin yang rentan kemudian mengalami gejala sakit dan mendatangi klinik-klinik yang bukan klinik rujukan. Hal ini membuat proses penularan akan makin tinggi manakala rumah sakit kecil, klinik, tidak memiliki ruang isolasi observasi. Oleh sebab itu BAZNAS berinisiatif membangun ruang isolasi observasi di beberapa Rumah Sehat BAZNAS di Indonesia,” ucapnya.

Reza menambahkan ruang isolasi observasi merupakan bentuk peningkatan kewaspadaan dari Rumah Sehat BAZNAS mengingat masifnya peningkatan angka positif Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Sedan Bekas Taksi Banyak Dicari di Platform Online

“Keberadaan ruang isolasi observasi ini penting untuk pencegahan karena setiap rumah sakit atau klinik harus siap kedatangan pasien suspect Covid-19. Jika memungkinkan BAZNAS akan menambah jumlah ruang isolasi observasi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta menyampaikan langkah pembangunan ruang isolasi observasi utamanya dapat melindungi mustahik maupun kelompok rentan lainnya terjangkit Covid-19 saat berobat ke Rumah Sehat BAZNAS.

“Kami berharap makin banyak rumah sakit yang juga bisa memiliki ruang isolasi observasi seperti yang dibangun oleh BAZNAS,” tuturnya.

Selain ruang isolasi observasi Rumah Sehat BAZNAS juga membekali tim medis yang bertugas dengan peralatan yang sesuai dengan standar keamanan untuk penanganan Covid-19 seperti Set baju coverall, Masker N95, sepatu boot, sarung tangan steril, ticked and long gloves, nurse cap, Goggle, dan Face Shield.

Saat ini ada enam Rumah Sehat BAZNAS yang telah menyediakan ruang isolasi observasi Covid-19, diantaranya Rumah Sehat Baznas Pusat di Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Makassar, Pangkal Pinang dan Parigi Moutong. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

01
|
29 March 2024 - 07:11
Rumah Kontrakan di Jatinegara Terbakar akibat Kompor Meledak

WARTAPENANEWS.COM - Sebuah rumah kontrakan seluas 3x10 meter di Jatinegara, terbakar saat Kamis sore ini (28/3/2024) menjelang waktu berbuka puasa. Rumah kontrakan tersebut terbakar lantaran penghuni rumah tengah memasak nasi,

02
|
29 March 2024 - 06:31
Oplos Pertalite Jadi Pertamax, Manajer-Pengelola SPBU Ditangkap Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Polisi mengungkap tindakan curang yang dilakukan di empat SPBU di Jakarta Barat, Kota Tangerang, dan Depok. SPBU itu mengoplos pertalite sehingga tampilannya seperti pertamax. Lalu dijual dengan harga

03