25 April 2024 - 20:26 20:26

Begini Cara Mengamankan Akun yang Diretas

WartaPenaNews, Jakarta – Peretasan aplikasi kerap terjadi walau sudah ada fitur keamanan ketat dari pihak pengembang. Karena itu, kecemasan lahir di kalangan pengguna. Sebagian dari korban peretasan umumnya merasa panik, khususnya bila akun itu selalu digunakan. Oleh karena itu, penting bagi korban untuk mengetahui trik memperkecil konsekuensi peretasan.

Dengan begitu, kita bisa melindungi data pribadi, mencegah kerugian finansial, dan mendapatkan kembali akses ke akun yang telah mengalami peretasan. Berikut ini tips mengamankan akun yang mengalami peretasan dari Kaspersky, perusahaan keamanan digital:

1. Setel Ulang Kata Sandi
Cobalah untuk menyetel ulang kata sandi akun, sebelum peretas mengganti surel yang ada di akun itu menjadi surelnya. Jangan gunakan kata sandi yang sama di setiap akun.

2. Kabarkan Orang di Lingkungan Sekitar
Peringatkan orang-orang di sekitar Anda tentang peretasan yang menyerang akun Anda. Beri tahukan informasi itu melalui media sosial. Ini demi mencegah peretas menyalahgunakan akun Anda demi keuntungannya.

3. Hubungi Bank/Layanan Keuangan
Jika akun/HP Anda terhubung dengan layanan bank digital/dompet digital, maka segera informasikan peretasan itu; demi menghindari kerugian finansial.

4. Pindai Komputer dengan Antivirus
Ini untuk memastikan kalau komputer Anda bebas dari malware pencuri kata sandi akun.

5. Tulis Daftar Layanan Penting
Ingat lagi sleuruh layanan yang terhubung dengan akun tersebut; ganti kata sandi tiap layanan itu.

6. Putuskan Tautan ke Layanan Itu
Masuk ke tiap layanan di daftar itu, lalu putuskan tautannya dari akun yang menjadi korban peretasan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03