9 Februari 2023 - 18:38 18:38

Begini Respons Kabareskrim terkait Testimoni Ismail Bolong

wartapenanews.com – Kabareskrim Komjen Agus Andrianto diminta bersikap kesatria dalam merespons testimoni Ismail Bolong. Pasalnya pengakuan Bolong yang menyebut menyetor uang Rp6 miliar dari hasil tambang batu bara ilegal tidak bisa dianggap enteng. Sementara Agus, dalam keterangannya pada Jumat (25/11/2022), tidak memberi penegasan kecuali menyasar Ferdy Sambo, untuk mempertegas pengakuan Bolong dalam video klarifikasinya yang mengatakan testimoni tersebut disampaikan karena intimidasi Hendra Kurniawan selaku Karopaminal Divpropam Polri.

Eks Kabareskrim Komjen (Purn) Ito Sumardi tidak membantah ketika ditanyakan sikap Agus tidak tegas, bahkan tidak menjernihkan situasi. Ito menilai tanpa adanya tindakan konkret berupa penegakan hukum, pernyataan Agus tidak memiliki kekuatan hukum untuk membantah pengakuan bolong, yang testimoninya menurut Ferdy Sambo dan Hendra Kurniawan bukan fiktif karena didukung laporan hasil pemeriksaan.

“Langsung lakukan saja langkah hukum terhadap (Ismail Bolong) yang menyebarkan berita itu dong. Kan kita tidak bisa menilai. Ambil langkah hukum karena itu ada konsekuensi tuntutan pidana atau ITE,” kata Ito Sumardi saat di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Menurut Ito, pernyataan Agus tidak cukup menjawab keresahan masyarakat imbas testimoni Bolong, ditambah pula video klarifikasinya yang menyebutkan testimoninya dilakukan karena berada dalam intimidasi Hendra Kurniawan. “Dia yang tahu, dia yang lebih tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kalau misalnya memang tidak ya, langsung lakukan saja langkah hukum,” tekan Ito.

Dihubungi terpisah, pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai pernyataan Komjen Agus seolah mengecilkan institusi Propam Polri yang telah memeriksa Ismail Bolong hingga memberi testimoni yang direkam dalam video. “Semua orang yang diduga terlibat dalam suatu tindak pidana pasti akan membantah dan menyampaikan alibi-alibi,” tutur Bambang.

Bambang meyakini Bolong diperiksa oleh Paminal Divpropam Polri sesuai dengan surat rekomendasi Kadivpropam Polri tanggal 7 April 2022. Dia menduga, Ferdy Sambo dan Hendra Kurniawan, selaku pentolan Propam Polri ketika itu tidak memiliki motif untuk menjatuhkan Kabareskrim dan koleganya.

Sementara Kabareskrim Komjen Agus tidak memberi bantahan tegas atas testimoni Ismail Bolong. Dia malah mempertanyakan apabila benar Bolong menyampaikan pemeriksaan dalam situasi yang wajar, mengapa pensiunan Polri dengan pangkat Aiptu dilepas begitu saja oleh Propam.

“Kenapa kok dilepas sama mereka (Hendra Kurniawan dan Ferdy Sambo) kalau waktu itu benar,” kata Agus.

Menurut Agus, tudingan tersebut hasil rekayasa kelompok Ferdy Sambo, yang lama membawahi Divpropam Polri. Dia menganggap testimoni Bolong merupakan hasil rekayasa Ferdy Sambo Cs dengan merujuk perkara pembunuhan Brigadir J yang sedari awal hendak ditutupi namun terungkap atas desakan publik. Begitu pula dengan kasus Teddy Minahasa yang terjerat perkara narkoba namun mengubah berita acara pemeriksaan (BAP) dalam proses pemeriksaan yang menurut Kabareskrim lantaran diintimidasi atau direkayasa.

“Lihat saja BAP awal seluruh tersangka pembunuhan alm Brigadir Yosua, dan teranyar kasus yang menjerat IJP TM (Irjen Pol Teddy Minahasa) yang belakangan mencabut BAP juga,” kata Agus, di Jakarta, Jumat (25/11/2022). “Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup, maklumlah kasus almarhum Brigadir Yoshua saja mereka tutup-tutupi,” lanjut Agus. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
film
Deretan Film Semi China Terbaik
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
Patricia Gouw
Patricia Gouw Diteriaki Bencong Gara-gara Jadi MC di Puteri Indonesia 2020
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Jalan Tol Serbaraja bakal mendongkrak jalur distribusi daerah penyangga ibu kota Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)
Tol Anak Usaha Sinar Mas Land, Koneksikan Jakarta-Tangerang-Banten
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
9 Februari 2023 - 12:14
Puluhan Personel di Aceh Diturunkan untuk Mencari Kades Tertimbun Longsor

wartapenanews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya, Provinsi Aceh, hingga Rabu malam mengerahkan puluhan personel ke kawasan Desa Alue Gantung, Kecamatan Beutong, mencari seorang kepala desa yang diduga

01
|
9 Februari 2023 - 11:12
Jumlah Korban Meninggal Akibat Gempa Turki-Suriah Tembus 12.000 Jiwa

wartapenanews.com -  Jumlah korban tewas akibat gempa bumi yang mengguncang Turki dan Suriah mencapai 12.000 orang setelah otoritas Turki dan Suriah memperbarui data korban gempa bermagnitudo 7,8 itu. Menurut laporan

02
|
9 Februari 2023 - 10:09
Jelang Ramadan, Harga Telur Diprediksi Merangkak Naik

wartapenanews.com -  Warga Jakarta harus bersiap akan potensi terjadinya perubahan harga telur, mendekati bulan suci Ramadan dan Lebaran 2023 (1444 H). Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan

03