19 April 2024 - 04:59 4:59

Benarkah Imunisasi Lengkap Cegah Anak Terpapar COVID-19?

WartaPenaNews, Jakarta – Pandemi COVID-19 hingga saat ini masih belum usai. Pandemi COVID-19 membuat masyarakat semakin waspada untuk menjaga keluarga mereka agar terhindar dari COVID-19, terutama bagi mereka yang memiliki anak usia balita.

Mengingat, imunitas pada anak terutama usia di bawah 5 tahun belum sebaik orang dewasa. Anak masih belajar mengenali dan melindungi tubuh dari kuman.

Mereka yang berusia di bawah 12 tahun juga diketahui belum bisa menerima vaksinasi COVID-19 untuk melindungi mereka dari paparan COVID-19.

Namun apakah anak usia di bawah 5 tahun yang sudah melakukan imunisasi lengkap dapat terlindungi dari COVID-19? dr. Inke Nadia P. Lubis, M.Ked(Ped), Sp.A, PhD pun angkat bicara.

“Mitos kalau misalnya imunisasi lengkap bisa melindungi anak dari COVID-19,” katanya pada Rabu 4 Agustus 2021.

Meski begitu, Inke menegaskan bahwa penting bagi orang tua untuk melengkapi imunisasi meskipun saat ini tengah pandemi. Wajibnya imunisasi dasar lengkap diberikan kepada anak bukan tanpa alasan.

Imunisasi lewat pemberian vaksin akan membantu sistem imun anak memproduksi antibodi khusus untuk melawan beragam penyakit infeksi berbahaya lainnya yang mengancam anak-anak.

“Tetapi yang harus diingat imunitas dari penyakit lainnya juga sangat penting. Kita tidak hanya melindungi anak kita dari COVID-19 saja tetapi juga untuk penyakit lain,” kata Inke.

Lebih lanjut, Inke menjelaskan selama pandemi ini tidak sedikit dari orang tua yang takut membawa anaknya untuk melakukan imunisasi. Padahal jika cakupan imunisasi menurun, bisa menyebabkan beberapa penyakit menjadi wabah.

“Kalau menurun cakupan imunisasi untuk penyakit lain nanti penyakit ini sudah jauh terkontrol maka akan mewabah kembali, bahkan kalau COVID-19 berakhir kita bisa punya penyakit seperti dulu seperti campak, difteri, polio yang jarang sekali saat ini. Meskipun imunisasi lengkap tidak melindungi dari paparan COVID-19 tapi mempertahankan kekebalan sehingga tidak tertular dari penyakit ketika pandemi berakhir,” kata Inke. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03