29 April 2024 - 18:10 18:10

Benarkah Jamu Disebut Bisa Cegah Kanker?

WartaPenaNews, Jakarta – Khasiat tanaman bajakah untuk penderita kanker sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu. Belakangan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sempat menyebut bahwa bajakah sendiri memang memiliki potensi, meski perlu diteliti lebih lanjut.

Indonesia sendiri sebenarnya juga terkenal dengan ratusan tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan salah satunya untuk mencegah kanker. Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan RI Dr dr Ina Rosalina, SpA(K), M Kes, MHKes, bahwa dalam Formularium Obat Herbal Asli Indonesia, memang ada sejumlah tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan antioksidan.

“Jamu itu lebih ke arah pronotif preventif. Karena jamu membuat daya tahan tubuh kuat. Sehingga tidak mudah sakit. Jamu tidak menyebabkan kanker justru membantu membuat staminanya bagus saat sakit kanker,” ungkap Ina saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Sabtu (1/2/2020).

Meski demikian, Ina menekankan bahwa jamu yang dikonsumsi haruslah yang telah terbukti aman, dan terbukti secara empiris. Selain itu, lanjut Ina, jamu sendiri tidak boleh dipromosikan untuk menyembuhkan penyakit.

Baca Juga: Lelang Sukuk Serap Rp8 Triliun

“Jamu itu berkhasiat ketika orang itu dalam kondisi sehat. dan ada peraturannya untuk tidak menjual jamu untuk mengobati penyakit,” kata Ina.

Senada dengan Ina, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit-Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono juga mengatakan bahwa jamu memang baik untuk pencegahan penyakit, termasuk kanker. Namun, Anung menggaris bawahi, bahwa selain mengonsumsi jamu juga tetap harus menjalankan gaya hidup sehat.

“Ini jamu sebagai pencegahan dan juga gaya hidup yang kesehatan harus jadi satu kesatuan. Ini karena kalau sudut pandangnya enggak pas tidak akan mengena (pesannya),” ungkap Anung. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03