29 March 2024 - 14:31 14:31

Benarkah Konsumsi Jambu Biji Bisa Cegah Penularan Virus Corona?

WartaPenaNews, Jakarta – Status perkembangan penyebaran virus corona (COVID-19) hingga saat ini, Sabtu (14/3/2020) di Indonesia telah mencapai 69 kasus.

Berbagai upaya dilakukan oleh para peneliti untuk mencegah dan menemukan obat antivirus COVID-19. Penelitian terkait pencarian antivirus ini juga dilakukan oleh tim peneliti UI dan IPB. Gabungan penelitian ini untuk mulitidisiplin ini telah mengembangkan penelitian untuk menemukan kandidat antivirus corona dengan melakukan analisi big data dan machine learning terhadap 1.377 senyawa herbal.

Berdasarkan hasil skrining terhadap ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait dengan mekanisme kerja virus. Diperoleh beberapa golongan senyawa yang berpotensi untuk menghambat dan mencegah virus SARS-CoV-2 (virus corona) untuk menginfeksi manusia.

Senyawa itu antara lain, hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin, dan myricen yang terkandung dalam jambu biji (daging buah merah muda).

“Setelah melalui proses dopping yang dilakukan peneliti. Komponen pada jambu biji cukup lengkap sebagai bahan alam yang bisa mencegah tapi ini studi bioinformatika perlu ada pemeriksaan selanjutnya komponen apa yang bisa berefek pada pengobatan,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam di FKUI Salemba Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Lebih lanjut, salah satu tim peneliti, Rafika Indah Pramita, menjelaskan dipilihnya jambu biji sebagai salah satu bahan yang diteliti, karena berdasarkan pada beberapa penelitian sebelumnya pada kadus SarsCov 2002 lalu.

Baca Juga: Seluruh Kepala Daerah di Sumsel Diminta Cegah Alih Fungsi Lahan

“Hasil aktivitas senyawa di jambu biji ada yang tertaget pada protein di SarsCov 1 di tahun 2002. Prediksi kami dan dukungan penelitian terdahulu jambu biji bisa dijadikan rekomendasi alternatif preventif pencegahan tapi belum bisa dilanjut ke SarsCov 2 karena kita belum ada akses untuk virusnya. Hasil saat ini masih prediksi,” jelas dia.

Soal konsumsi, masyarakat bisa mengonsumsi jambu biji sebagai alternatif pencegahan preventif virus corona ini dengan mengonsumsinya secara langsung atau bisa diolah menjadi jus. Meski begitu Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, juga tetap menekankan pentingnya untuk menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, istirahat cukup dan rajin berolahraga untuk mencegah terjadinya pemaparan virus (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03