29 March 2024 - 02:53 2:53

Benarkah Minum Bir Bikin Gampang Digigit Nyamuk?

WartaPenaNews, Jakarta -  Malam mingguan bersama rekan-rekan di di cafe sekalian ditemani satu gelas dua gelas bir berasa menyenangkan, ya? Tetapi, sadarkah Anda badan bertambah mudah dihampiri dan digigit nyamuk setelah minum bir?
Minum bir membuat rawan digigit nyamuk, menurut riset

Menurut riset dari Perancis yang diedarkan dalam jurnal PLoS One, makin banyak Anda minum bir badan akan makin rawan digigit nyamuk.

Periset mencapai rangkuman itu setelah mengetes 43 sukarelawan berumur 20-43 tahun yang dinyatakan sehat walafiat. Tim sukarelawan ini selanjutnya dibagi dua kelompok, 25 orang disuruh untuk habiskan 1 liter bir dengan kadar alkohol 3% dan bekasnya disuruh minum air putih biasa dengan bagian yang sama.

Sebelum minum apapun, mereka sudah terlebih dulu disuruh untuk diam diri di ruangan penuh nyamuk untuk mengukur sebegitu rawan mereka biasanya digigit nyamuk. Sesudahnya, mereka disuruh untuk minum (air dan bir untuk masing-masing kelompok), dan masuk kembali pada ruangan yang sama.

Hasilnya ditemukan, orang yang habis minum bir digigit oleh 47% semakin banyak nyamuk daripada sebelum minum dan daripada orang yang cuma minum air. Seputar 65% nyamuk bereaksi 15 menit bertambah cepat untuk terbang menghampiri badan peminum bir. Dibandingkan sebelum minum bir, nyamuk yang terbang mengarah peserta cuma 35 persen. Selain itu, mengonsumsi air tidak punya pengaruh pada daya tarik manusia pada nyamuk.

Nyamuk yang di teliti dalam riset ini ialah nyamuk Anopheles Gambiae pemicu malaria di wilayah Afrika Barat. Sebelumnya sudah pernah ada satu studi yang mempelajari tentang dampak digigit nyamuk Aedes setelah minum bir.

Diluar itu, ada juga riset kecil dari Jepang terbitan Journal of the American Mosquito Control Association (JAMCA) tahun 2002. Riset ini memperhatikan 13 orang (pria dan wanita) berumur 20-58 tahun untuk tahu sebegitu rawan mereka digigigit nyamuk setelah minum bir.

Dalam masalah ini, periset mengetes kadar etanol dalam keringat, produksi keringat, dan suhu kulit sebelum dan sesudah minum 350 ml bir (dengan kadar alkohol 5,5%). Hasilnya juga seperti. Peserta lebih mudah digigit oleh semakin banyak nyamuk setelah minum bir daripada sebelumnya.

Kok dapat?

Tim periset dari Perancis menduga jika berbau napas dan berbau badan yang khas dari peminum bir mengundang semakin banyak nyamuk untuk menghampiri. Berbau napas dan badan peminum bir membuat nyamuk terbang bertambah cepat ke arah tempat berbau. Periset dari Jepang menemukan hal sama.

Teorinya, setelah minum bir, alkohol dengan cepat diserap dari aliran pencernaan dan mengalir ke darah selanjutnya dimetabolisme di hati. Lima belas menit ialah jarak waktu yang cukup untuk kadar alkohol ada dalam darah, napas, urin, dan keringat sejak tegukan terakhir.

Tetapi, dua riset ini tidak menemukan hubungan di antara tingginya kandungan etanol dalam keringat, kadar karbon dioksida yang dihembuskan, dan pergantian suhu kulit setelah minum bir dengan peluang pendaratan nyamuk di badan.
Batas minum alkohol supaya tidak membahayakan

Tidak hanya rawan digigit nyamuk, terlalu banyak minum bir dan minuman mengandung alkohol yang lain berefek jelek buat kesehatan badan Anda. Terlalu banyak minum bir dapat menurunkan gula darah secara mencolok, menyebabkan jantung berdetak tidak teratur, dan bahkan kerusakan pada organ penting seperti liver dan pankreas.

Mayo Clinic menjelaskan jika sebegitu banyak minum alkohol yang masih dapat dibilang aman ada batasnya. Untuk wanita dengan usia berapa saja dan pria di atas 65 tahun, batasannya ialah 1 gelas bir /hari. Sesaat untuk pria dibawah umur 65 tahun, maksimal bisa sampai 2 gelas bir /hari. (mus)

Berikut contoh batasan bagian minuman mengandung alkohol yang aman dalam sehari

Satu gelas bir = 355 mililiter
Satu gelas wine = 148 mililiter
Segelas kecil (gelas shot) vodka atau whisky = 44 mililiter.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03