19 April 2024 - 17:12 17:12

Benda-benda Ini Haram Ditaruh di Bagasi Motor

WartaPenaNews, Jakarta  – Berbeda dengan awal kemunculannya, kini sepeda motor—terutama yang matik—telah dibekali bagasi berukuran besar. Bahkan, tak tanggung-tanggung, ada yang volume-nya mencapai puluhan liter.

Keberadaan bagasi yang luas tentu berguna untuk menunjang mobilitas. Sebab di dalamnya kita bisa menyimpan sejumlah barang, seperti jas hujan, jaket, helm, perkakas motor, dan benda-benda lainnya.

Benda yang tak boleh ditaruh di bagasi

Kendati berfungsi sebagai ruang penyimpanan, namun pemilik sepeda motor tak bisa serta merta mamasukkan segala jenis barang ke dalamnya. Terutama, benda yang bermuatan listrik.

“Seperti gadget, smartphone, dan kamera,” ujar Technical Division PT Astra Honda Motor atau AHM, Endro Sutarno.

Endro menambahkan, sebenarnya pemilik kendaraan bisa saja menyimpan perangkat elektronik di dalam bagasi. Akan tetapi, hanya sepeda motor tertentu dengan bagasi khusus yang telah dirancang untuk keperluan tersebut.

“Misalnya kayak Honda Genio, itu aman. Karena sudah dibuat sesuai kebutuhan untuk menaruh barang elektronik, dan melakukan pengecasan di dalam,” terangnya.

Efek lain menaruh elektronik

Selain membahayakan motor, menaruh alat elektronik di dalam bagasi juga bisa membahayakan perangkat itu sendiri. Sebab, ketika motor melaju di lintasan berundak, kendaraan akan terguncang. Alat elektronik yang diletakkan di dalam, pasti terpental-pental dan terbentur dengan dinding-dinding bagasi.

Selain perangkat elektronik, menaruh parfum di ruang penyimpanan bawah jok juga dilarang. Alasannya, karena parfum mudah sekali menguap, dan bisa memicu percikan api akibat pertemuannya dengan cairan bensin di dalam tangki.

Benda lainnya

Terakhir, benda yang haram masuk ke dalam bagasi, ialah make-up. Benda yang sering dibawa kaum wanita itu dikhawatirkan bisa meleleh akibat panas dari bagasi. Jika sudah meleleh, bisa jadi peralatan tersebut meluber ke dalam mesin. Sehingga, bisa menyebabkan kerak.

Bukan hanya itu, make-up juga mengandung bahan kimia. Menaruhnya di ruang bagasi yang berdekatan dengan tangki, tentu sangat berbahaya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03