20 April 2024 - 14:08 14:08

Bermodalkan Korek Api, Pria Ini Berhasil Curi Sepeda Motor

WartaPenaNews, Jakarta – Modus yang digunakan dalam aksi curi sepeda motor semakin beragam, demi membuat korbannya tak berdaya para pencuri motor tersebut tidak kehabisan akal.

Selain itu, kunci kontak sepeda motor akan selalu menjadi sasaran bidik para pencuri motor, pasalnya melalui kunci kontak tersebut sepeda motor bisa digunakan, selain itu kunci kontak juga digunakan untuk membuka kunci setang.

Seiring semakin lamanya jam terbang, maka pelaku pencurian motor juga akan semakin jago dalam melakukan aksinya. Buktinya para pencuri motor hanya memerlukan peralatan sederhana untuk menjalankan aksinya.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat 15 Oktober 2021, Kapolsek Senen Kompol Ari Susanto menyebutkan bahwa penggunaan korek api adalah modus baru.

Para pengguna sepeda motor perlu mewaspadai modus ini, agar bisa melakukan tindakan preventif dari kemungkinan sepeda motor dicuri.

“Korek api ditancap sebatang besi kecil, kemudian dipanaskan untuk mencongkel kontak motor curian. Ini termasuk modus baru,” jelas Kompol Ari Susanto.

Seterusnya, pelaku sudah menyiapkan kunci T yang dimodifikasi dan dirakit. Fungsinya adalah sebagai pembongkar antau pencongkel kunci motor setelah bagian kontak dipanaskan.

Pelaku berinisial JK mengincar sepeda motor yang mudah dijangkau dan posisi parkir tidak terpantau pemilik. Setelah menjual hasil curiannya itu, pelaku bisa mendapatkan uang sampai Rp 3 juta per unit motor.

Sementara itu, menurut Kanit Reskrim Polsek Senen AKP Bambang mengatakan bahwa pelaku adalah residivis yang dua kali ditahan atas kasus kepemilikan senjata tajam dan kasus pencurian.

Polisi juga akan mengembangkan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) guna menangkap jaringan lainnya, termasuk penadah barang curian.

“Setelah mendapat (motor curian), biasanya pelaku langsung menghubungi penjual dan transaksi. Jaringan pelaku sedang kami dalami. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP,” jelas AKP Bambang.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03