29 March 2024 - 05:01 5:01

Bersihkan Interior Mobil Ternyata Mudah, Ini Tipsnya

WartaPenaNews, Jakarta -  Memiliki mobil dalam keadaan bersih menjadi impian semua orang. Terlebih bagian interior, yang bisa meembuat nyaman penggunannya selama berkendara. Mengingat semua aktifitas dilakukan di dalam kabin mobil.

Interior yang bersih, dengan pewangi ruangan yang sesuai selera menjadi salah satu faktor Anda bisa betah di dalam mobil. Untuk menjaga kebersihan bagian interior, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik.

Untuk membersihkan jok, dashboard, door trim, atap, konsol tengah, atau bagian lainnya di dalam kabin biasanya pemilik mempercayakan salon mobil. Karena dianggap lebih sulit, dibandingkan mencuci bodi, dan sektor kaki-kaki.

Padahal untuk membersihkan beberapa bagian interior tersebut bisa dilakukan sendiri, bahkan tanpa cairan khusus. Melainkan hanya pakai air hangat, seperti dilansir dari webstie PT Astra Daihatsu Motor, Jumat 28 Mei 2021.

Bahkan air hangat bisa untuk membersihkan dashboard yang meenjadi bagian paling cepat kotor. Sebab komponen tersebut berada di atas, di mana langsung terpapar pantulan sinar matahari dari kaca depan jika mobil terparkir outdoor.

Selain itu, dashboard yang terbuat dari bahan plastik, atau dilapisi bahan semi kulit bisa dengan mudah berubah warna. Karena menjadi bagian yang paling pertama terkena paparan matahari, saat mobil terparkir di luar ruangan.

Biasanya dibutuhkan alat khusus, namun ternyata air hangat cukup membantu. Hanya bermodal kain lap untuk membasuh air tersebut ke bagian dashboard. Setelah itu keringkan pakai lap bersih, jika diperlukan bisa tambahkan cairan anti Ultraviolet (UV).

Cairan anti UV juga bisa mengkilapkan tampilan dashboard, namun jika tidak masalah jika tidak ada cairan tersebut. Karena proses pembersihannya sudah dilakukan pakai air hangat. Sedangkan untuk jok mobil cara perawatannya berbeda.

Masing-masing jenis bahan jok berbeda cara membersihkannya, baik bahan kulit asli, bahan semi kulit, dan bahan beludru. Untuk jok yang dibalut bahan kulit asli, bisa dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus.

Gunakan pula vacuum cleaner untuk membersihkan bagian yang susah dijangkau. Bagi jok yang terbuat dari bahan semi kulit, bisa menggunakan cairan pembersih kaca. Gunakan pula vacuum cleaner untuk membersihkan bagian jok yang sulit dijangkau.

Sementara bagi jok yang terbuat dari bahan beludru, gunakan cairan khusus pembersih bahan beludru. Sebelum dibersihkan dengan cairan khusus tersebut, terlebih dahulu dan bersihkan jok dengan vacuum cleaner.

Untuk langit-langit mobil, Anda bisa mengelapnya dengan lap basah yang sudah dibasuh dengan air hangat. Bersihkan menyeluruh ke semua sudut. Setelah itu, lap kembali dengan menggunakan lap kering yang bersih.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03