28 March 2024 - 19:48 19:48

Besok, Arab Saudi, Kuwait dan Mesir akan Menjalani Ibadah Puasa Ramadan

WartaPenaNews, Arab Saudi – Mahkamah Agung Arab Saudi akan mengumumkan keputusan awal bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah/2021 pada Senin malam, waktu setempat. Mahkamah meminta masyarakat yang melihat hilal Ramadhan pada Senin sore ini, untuk segera melaporkan dan mendaftarkan kesaksiannya ke pengadilan setempat.

Pada Minggu malam bertepatan dengan 29 Syaban 1442 H (kalender Ummul Qurro), Mahkamah mengadakan pertemuan untuk memilah laporan dari para saksi ihwal jatuhnya awal bulan Ramadhan 1442 H. Namun belum ada laporan yang mengkonfirmasi melihat bulan sabit pada Minggu malam di seluruh wilayah Kerajaan.

“Pengadilan akan mengadakan rapat pada Senin malam untuk membuat pengumuman sehubungan dengan awal bulan suci Ramadhan,” kata Mahkamah Arab Saudi dalam sebuah pernyataan dilansir SaudiGazette, Senin, 12 April 2021.

Dalam pernyataan sebelumnya, pengadilan meminta semua Muslim di Kerajaan untuk mengamati bulan sabit Ramadhan. Siapapun yang melihat bulan sabit dengan mata telajang atau teropong, harus melapor ke pengadilan terdekat untuk mendaftarkan kesaksiannya.

“Dalam hal tidak ada kesaksian tentang penampakan bulan sabit Ramadhan pada hari Minggu, hari ke-30 Syaban akan selesai pada hari Senin, dan bulan puasa akan dimulai pada hari Selasa, 13 April. Hal ini sejalan dengan tradisi Nabi (SAW),” tulis pengadilan

Sementara itu, Dar Al-Ifta, Mesir, mengatakan dalam pernyataan resmi pada Minggu malam (29 Syaban), mengatakan bahwa pengamat tidak dapat mengamati bulan sabit hari ini.

Oleh karena itu, Dar Al Ifta mengumumkan hari Senin sebagai akhir (digenapkan 30 hari) dari bulan Syaban 1442 H, dengan demikian hari pertama Ramadhan 1442 H akan jatuh pada 13 April 2021.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Yang Mulia Presiden Abdel Fattah El-Sisi, Presiden Republik, dan kami berharap Yang Mulia terus sehat, sejahtera, dan sukses,” tambah pernyataan itu.

Dar al-Ifta juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan kepada seluruh umat Muslim, kepala negara, para raja serta pangeran di seluruh dunia.

Kuwait juga mengumumkan 13 April sebagai hari pertama Ramadhan dan mengucapkan selamat kepada rakyatnya dan seluruh Muslim di seluruh dunia. Gulf News melaporkan, Selasa (13/4) akan menjadi hari pertama Ramadhan di Lebanon.

Kedua negara (Kuwait dan Lebanon) mengatakan bulan sabit Ramadhan terlihat hari ini, dan diumumkan Senin sebagai hari terakhir Syaban.

Sedangkan negara lain, termasuk Maroko, belum mengungkap tanggal resmi Ramadhan. Negara
Afrika Utara itu diperkirakan akan mengamati bulan sabit pada sore nanti.

Berdasarkan perhitungan astronomi awal Ramadhan di Maroko akan dimulai pada 14 April 2021.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03