6 May 2024 - 17:02 17:02

Dokter Spesialis Gizi Hingga Jiwa Tangani Perawatan Remaja Obesitas di Cipayung

Buah Labu.

IPOL.ID – Selama ini kita mungkin menganggap remeh biji labu kuning. Saat memakan daging buahnya, biasanya bijinya langsung kitab uang. Setelah membaca artikel di bawah ini, sahabat ipol, mungkin harus berpikir ulang membuang biji labu. Pasalnya biji dari buah satu ini memilki segudang nutrisi dan manfaat Kesehatan.

Biji labu faktanya mengandung sejumlah besar lemak sehat, magnesium dan seng yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, biji labu juga mengandung nutrisi, kalori, lemak, protein dan serat. Ada pula vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Selain itu, biji labu juga mengandung sejumlah mineral lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, seng dan lainnya.

Dihimpun dai berbagai sumber, berikut beberapa manfaat biji labu:

  1. Mengobati diabetes

Biji Labu dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan oleh kadar gula yang berlebih didalam darah. Sehingga insulin tidak dapat digunakan oleh tubuh dengan optimal. Diabetes dapat disebabkan oleh beberapa  faktor antara lain faktor genetik, yang mana hal ini terjadi jika ada riwayat keluarga yang sebelumnya mengidap penyakit diabetes. Selain faktor genetik diatas pola hidup yang tidak sehat dalam kehidupan sehari hari juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu perhatikan selalu kandungan gizi yang terdapat dalam makanan. Nah, untuk biji labu yang memilik khasiat dalam dapat mengontrol kadar gula darah agar selalu normal. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

  1. Cegah penyakit jantung

Biji Labu untuk mencegah penyakit jantung . Sebagaimana diketahui penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi setiap tahunnya. Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Pencegahan penyakit jantung sangat penting dikarenakan fungsinya yang sangat berperan bagi kehidupan manusia.

Beberapa suku biji-bijian dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung salah satunya biji labu. Ini karenakan biji labu mengandung unsur magnesium didalamnya. Magnesium juga banyak terdapat pada manfaat bayam, manfaat susu kedelai, manfaat coklat dan manfaat kentang.

  1. Membantu pembentukkan sel darah merah

Salah satu fungsi organ hati pada manusia adalah menyempurnakan sel darah merah dan membentuk sel darah merah. Peran organ hati ini dapat didukung dengan konsumsi biji labu yang mengandung vitamin B 12.

  1. Cegah kanker dan kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat memperlambat reaksi pada oksidasi dalam tubuh dalam skala yang kecil. manfaat antioksidan sangat banyak bagi tubuh yang salah satunya adalah membantu melawan unsur radikal bebas yang  menyebabkan penuaan dini sebelum waktunya. Antioksidan juga mampu mencegah kanker. Pola makan yang memasukkan biji labu bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker perut, payudara, dan prostat.

  1. Kaya serat

Biji labu juga mengandung serat alami. Manfaat serat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan sangat penting untuk mengolah makanan yang dimakan untuk disaring sebagai nutrisi. dan makanan yang tidak disaring di buang dari tubuh karena tidak dipergunakan lagi.

  1. Menurunkan resiko osteoporosis

Ada banyak manfaat biji labu dalam hal meningkatkan kepadatan tulang. Karena kandungan magnesium dan kalsiumnya yang tinggi, biji labu mendukung tulang yang kuat. (timur)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03