25 April 2024 - 15:45 15:45

Bila Terjangkit Corona Sejauh Mana Kemungkinan Sampai Meninggal Dunia?

WartaPenaNews, Jakarta – Para peneliti berpikir jika antara lima dan 40 kasus virus corona dalam setiap 1.000 kasusnya akan berakhir pada kematian, dengan perkiraan terbaik menyebut sembilan dari 1.000 atau sekitar 1%.

Tapi angka tersebut bergantung pada beberapa faktor: usia, jenis kelamin, juga kondisi kesehatan dan sistem kesehatan di mana orang tersebut tinggal.

Sesulit apakah menentukan angka kematian?

Tingkat kesulitannya setara tingkat kesulitan doktoral. Bahkan menghitung kasus merupakan proses yang sangat menantang.

Kebanyakan kasus tidak terhitung karena orang yang terjangkit lebih memilih untuk tidak pergi ke dokter karena hanya mengalami gejala ringan.

Angka kematian yang berbeda yang dilaporkan di berbagai belahan dunia kemungkinan disebabkan oleh perbedaan versi virus tersebut.

Maka, karena banyak kasus tidak terlaporkan, sangat mudah untuk membuat dugaan angka kematian yang terlampau tinggi. Tapi juga sangat mudah untuk membuat kesimpulan yang salah dari perspektif lain.

Butuh waktu sebelum penularan berakhir pada kesembuhan atau kematian.

Jika Anda menghitung semua kasus yang belum jelas akan berakhir di mana, Anda akan membuat dugaan angka kematian yang lebih rendah karena tidak menghitung kasus yang berakhir pada kematian.

Baca Juga: Cara Komplotan Penipu Gojek Aktifkan 8.885 Kartu Perdana

Ilmuwan menggabungkan bukti-bukti tentang berbagai pertanyaan ini untuk membangun gambaran yang lebih utuh tentang angka kematian.

Misalnya, mereka menduga proporsi kasus dengan gejala ringan dari kelompok kecil orang yang dimonitor secara intensif, seperti kelompok orang di penerbangan yang dibatalkan.

Tapi, jawaban yang berbeda-beda dari bukti ini dapat mengubah gambaran besar secara signifikan.

Jika Anda menggunakan data dari Hubei, di mana angka kematian lebih tinggi dari tempat lain di China, maka angka kematian akan tampak lebih buruk.

Maka ilmuwan memberikan kisaran sebagai estimasi terbaik.

Tapi bahkan hal tersebut tidak memberikan gambaran penuh karena tidak ada satu angka kematian yang pasti.

Bagaimana risiko bagi orang-orang seperti saya?

Beberapa orang tertentu memiliki risiko kematian lebih besar jika mereka terjangkit virus corona: berusia tua, sedang sakit, dan, mungkin, para pria.

Dalam analisis besar pertama dari 44.000 kasus pertama dari China, angka kematiannya menjadi 10 kali lebih tinggi di antara kelompok orang berusia lanjut dibandingkan yang berusia tanggung.

Angka kematian berbeda pada kelompok orang dengan karakteristik berbeda. – BBC

Angka kematian menurun di kelompok orang berusia di bawah 30-an – delapan kematian dalam 4.500 kasus.

Lalu angka kematian mencapai lima kali lipat di antara pengidap diabetes, tekanan darah tinggi atau kelainan jantung dan masalah pernafasan.

Angka kematian juga lebih tinggi di kalangan laki-laki dibandingkan perempuan.

Semua faktor ini terkait satu sama lain dan kita belum memiliki gambaran jelas mengenai risiko setiap orang di lokasi berbeda. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03