3 May 2024 - 07:24 7:24

BMKG Beri Warning soal Fenomena La Lina

hujan petir

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah mengantisipasi bencana alam khususnya saat memasuki musim hujan yang ditandai dengan fenomena La Nina. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, mengatakan, perubahan cuaca di Tanah Air perlu diwaspadai untuk nantinya diambil kebijakan yang terkait mitigasi bencana.

“Yang dilaporkan (BMKG) tadi adalah bahwa selama enam bulan ke depan ini, karena La Nina di Pasifik itu akan berpengaruh pada hujan di Indonesia dan hujan Indonesia ini curahnya akan bisa naik sampai 40 persen. Dan itu membuat supaya kita melakukan antisipasi,” kata Luhut usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Selasa 13 Oktober 2020.

Berdasarkan data yang dipaparkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jokowi dan Luhut memang menyadari bencana dengan berbagai jenis akan muncul. Seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung atau juga tsunami.

Presiden Jokowi, kata Luhut, ingin ada rencana supaya tidak terlambat mengantisipasi bencana.

“Nah itu perlu diantisipasi. Oleh karena itu memang kami, Presiden khususnya, mengingatkan kami untuk betul-betul melihat semua laporan BMKG sebagai landasan kita bekerja, karena dengan itu nanti kita akan bisa mengurangi kemungkinan-kemungkinan,” ujar dia.

Memasuki Oktober disebut sudah mulai hujan deras dengan intensitas tinggi, misalnya. Kata Luhut, hal itu juga akan berpengaruh pada penanganan COVID-19 manakala di suatu wilayah terjadi banjir ataupun bencana lainnya.

“Nah, ini karena ada pengungsian dan sebagainya, oleh karena itu kita juga minta baik supaya kita masyarakat juga ikut membantu, jangan sampai apa namanya tidak menuruti warning yang sudah begitu disebarluaskan oleh BMKG,” tuturnya. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
2 May 2024 - 15:16
Pemerintah Sudah Gelontokan Dana Desa Rp609,68 Triliun

WARTAPENANEWS.COM –  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat dana desa telah disalurkan sebesar Rp609,68 triliun selama 2015-2024. Dana tersebut mengalir desa-desa di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. “Jadi dana desa tak

01
|
2 May 2024 - 14:15
Ini Penyebab Asia Tenggara dan Selatan Dihantam Gelombang Panas

WARTAPENANEWS.COM – Asia Selatan dan Tenggara bersiap menghadapi suhu panas yang lebih ekstrem sejak Minggu (28/4/2024) ketika pihak berwenang di seluruh kawasan mengeluarkan peringatan kesehatan. Penduduk juga banyak yang mengungsi

02
|
2 May 2024 - 13:13
Terbukti Bunuh Juniornya, Altaf Mahasiswa UI Dihukum Penjara Seumur Hidup

WARTAPENANEWS.COM – Altafasalya Ardnika Basya alias AAB divonis hukuman penjara seumur hidup karena membunuh Muhammad Naufal Zidan, mahasiswa program studi Sastra Rusia Universitas Indonesia (UI). Majelis Hakim Pengadilan Negeri Depok

03