20 April 2024 - 04:26 4:26

BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrim di Malang dan Sekitarnya

WartaPenaNews, Jakarta – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta warga yang berada di beberapa daerah di Jawa Timur, untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrim pada Minggu 11 April 2021 hari ini.

Dwikorita menjelaskan, potensi yang terjadi adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang juga disertai dengan petir serta angin kencang, bisa terjadi di beberapa wilayah.

Ia menyebut, daerah yang perlu waspada adalah Probolinggo, Mojokerto, Blitar, Malang, Batu, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Trenggalek hingga Tulungagung.

“Terutama di wilayah yang mengalami gempa itu dikhawatirkan terjadi batuan makin rapuh retak dan kalau tergulir dengan hujan yang sedang atau lebat ini dapat mengakibatkan longsor,” jelas Dwikorita, pada Minggu 11 April 2021.

Lanjut Dwikorita, jika material itu terbawa longsor dan menyumbat aliran air di lereng gunung, dikhawatirkan terjadi banjir karena tidak mampu terbendung oleh bendungan yang ada. Untuk itu, pihaknya berharap tetap ada kewaspadaan untuk hari ini.

“Dalam prediksi kami untuk hari ini. Besok insya Allah tidak. Terutama 11 April. Nanti akan kami mengupdate untuk tiga hari ke depan,” katanya.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03