29 April 2024 - 20:24 20:24

BMKG Prakirakan Hujan Lebih Ekstrem daripada 1 Januari di Bogor

WartaPenaNews, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengingatkan masyarakat di wilayah Bogor hingga Jakarta, agar lebih mewaspadai potensi hujan yang lebih ekstrem daripada yang terjadi pada 1 Januari 2020 ,yang memicu banjir dan longsor.

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG, cuaca di Kabupaten Bogor, dalam tiga hari mendatang belum kondusif.

Kepala Stasiun Meteorologi Citeko Bogor, Asep Firman Ilahi menjawab lugas, ketika ditanya potensi hujan lebih ekstrem daripada 1 Januari 2020. “Sepertinya iya,” katanya, saat dihubungi VIVAnews, Senin 6 Januari 2020.

“Saat ini,” katanya menjelaskan alasannya, “jalur konvergensinya berpusat di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur hingga Bandung Selatan.”

Monsun Asia, katanya, masih kuat melintasi khatulistiwa, sementara angin dari selatan masih intensif dan membentuk pola pertemuan angin memanjang mulai dari Barat-Daya Provinsi Banten menyilang ke Timur-Laut Jawa Barat. Daerah pertemuan (konvergensi) itu mengindikasikan cuaca buruk di wilayah bagian tengah Jawa Barat.

Akibatnya, Asep mengatakan, dalam kurun waktu tiga hari mendatang atau 7-9 Januari 2020, diprakirakan cuaca daerah Bogor, dan sekitarnya masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mulai dini hari hingga siang menjelang sore hari. Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bandung, juga diprediksi terjadi cuaca buruk.

“Saya tidak ingin prakiraan cuaca meresahkan masyarakat, dengan kabar yang terlalu menakutkan. Namun, kita perlu waspada. Kondisi ini patut diwaspadai, terutama petugas dan masyarakat yang tengah melaksanakan distribusi bantuan di daerah bencana,” kata Asep.

Dengan prakiraan cuaca ekstrem ini, Asep mengimbau, masyarakat yang tinggal di bawah perbukitan rawan longsor dan bantaran sungai, agar lebih berhati-hati dan waspada. Hal itu, mengingat hujan yang terjadi secara terus menerus dapat membuat air tanah menjadi jenuh dan tidak tertahan lagi dalam tanah.

“Sehingga, menyebabkan longsor dan banjir bandang. Imbauan kepada masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati, mengikuti informasi cuaca resmi dari kanal-kanal informasi pemerintah dan tidak mudah percaya dengan kabar bohong (hoaks),” ujarnya.

Masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dan terpercaya, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:

Call center: 021-6546315/18;
Laman: Bmkg.go.id;
Media sosial: @infoBMKG;
Kantor BMKG Citeko: +62-878-7474-5989 (Whatsapp). (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03