20 April 2024 - 12:31 12:31

BMKG: Sebagian Wilayah Jabodetabek Diguyur Hujan Hari Ini

wartapenanews.com –  Meski diperkirakan panas ekstrem masih akan melanda wilayah Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian wilayah Jabodetabek bakal diguyur hujan pada Rabu (26/4/2023) hari ini.

Dilihat dari laman bmkg.go.id, hujan ringan diperkirakan terjadi di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan waktu yang berbeda-beda antara siang hingga malam hari.

Sedangkan khusus untuk Jakarta Selatan, hujan disertai petir diperkirakan terjadi pada malam hari. Suhu di Ibu Kota diperkirakan berada antara 23-31 derajat Celcius dengan kelembapan 65-95 persen.

Sementara itu di Bogor, hujan dengan intensitas sedang diprediksi terjadi pada siang dan malam hari. Suhu Bogor akan berada di antara 21-32 derajat Celcius dengan kelembapan 55-95 persen.

Untuk Kota Depok hujan disertai petir diperkirakan terjadi pada malam hari. Suhu di Depok berada pada 23-31 derajat Celcius dengan kelembapan 60-95 persen.

Di Bekasi hujan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terjadi pada siang dan malam hari dengan suhu di sana antara 23-33 derajat Celcius dan kelembapan 55-95 persen.

Di Tangerang, hujan ringan diperkirakan turun pada malam hari dengan suhu sepanjang Rabu diperkirakan 23-33 derajat Celcius dan kelembapan 60-90 persen.

Sebelumnya, BMKG juga memprakirakan panas ekstrem masih akan melanda wilayah Indonesia pada Rabu (26/4/2023) hari ini. Kendati cukup tinggi, namun suhu di Indonesia tak akan mencapai gelombang panas seperti yang terjadi di Bangladesh yang mencapai hingga 51,2 derajat, India atau Thailand 44,6 derajat.

Adapun lima penyebab utama suhu panas ini adalah, pertama, dinamika atmosfer yang tidak biasa hampir di seluruh wilayah Asia termasuk Indonesia. Kedua, gerakan semu matahari yang menambah lonjakan panas dari sebelumnya.

Ketiga, tren pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga banyak negara lain.

Keempat, Indonesia memasuki musim kemarau. Di mana BMKG memprediksi musim kemarau bakal terjadi pada kisaran April sampai September 2023.

Kelima, karena intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

BMKG mencatat pada 17 April 2023 wilayah Indonesia yang mengalami suhu tertinggi adalah Ciputat, Tangerang Selatan yang mencapai 37,2 derajat.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03