3 May 2024 - 18:22 18:22

Bom Ikan Meledak, Nelayan di Selayar Tewas Mengenaskan

WARTAPENANEWS.COM –   Seorang nelayan di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, menangkap ikan dengan menggunakan bom. Nahas, saat beraksi, nelayan tersebut justru ikut terkena ledakan bom ikan hingga tewas.

Nelayan tersebut adalah Panji (23). Bom ikan yang digunakannya meledak dan mengenai dirinya sendiri. Tubuh panji terhempas ke laut.

Kasat Reskrim Polres Selayar, Iptu Nurman Matasa, mengatakan peristiwa itu terjadi di perairan kawasan Taka Bonerate, Kabupaten Selayar, pada Rabu 6 September.

“Korban cari ikan menggunakan bom ikan. Tapi, saat bom itu dilempar, daya ledaknya mengenainya dan terjatuh ke laut,” kata Nurman pada Jumat (8/9).

Nurman mengaku, korban sempat disebut hilang saat melaut. Namun belakangan, ia diketahui menghilang karena terhempas dari perahunya akibat bom ikan tersebut.

“Warga sempat dengar ada ledakan hebat di tengah laut,” ungkapnya.

Tubuh korban pun baru didapat keesokan harinya, Kamis (7/9). Kasus tersebut kini dalam proses penyelidikan oleh polisi.

“Tubuhnya itu hancur karena ledakan,” beber Nurman.

Aktivis lingkungan Pulau Selayar, Ibrahim Muchtar, meminta agar polisi menindak tegas illegal fishing, terlebih dengan menggunakan bom ikan. yang sudah banyak merenggut nyawa nelayan.

“Ini bukan pertama kalinya, sudah sering terulang, memakan korban jiwa. Mirisnya jika ada kejadian begini, warga setempat menganggapnya aib dan tidak mau diketahui atau terekspos keluar,” kata Ibrahim, terpisah.

Kata dia, dalam kasus ini mayat korban pun sempat dikubur secara diam-diam.

“Warga dan keluarga mereka sampai-sampai menyembunyikan mayat korban, dikuburkan diam-diam. Ini sudah tidak manusiawi lagi terlepas dari aktivitas illegal fishing yang juga mereka lakukan,” jelasnya.

Ibrahim berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bagi nelayan, khususnya yang masih menggunakan bahan peledak saat melaut. Agar ke depan tidak lagi memakan korban jiwa dan merusak ekosistem laut. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03