28 April 2024 - 07:24 7:24

Bukan Piramida Giza, Struktur Batu di Arab Saudi Ini Jauh Lebih Tua

mustatil

WartaPenaNews, Riyadh – Sebuah struktur batu misterius ditemukan tim arkeolog Arab Saudi. Struktur batu itu diyakini sebagai struktur batu tertua di dunia karena usianya diperkirakan mencapai 7.000 tahun.

Itu artinya, struktur batu misterius itu lebih tua dibandingkan Piramida Giza di Mesir yang berusia berusia 4.500 tahun. Bahkan, lebih tua dibandingkan Stonehenge di Inggris yang diperkirakan berusia 5.000 tahun.

Pernah disebut “gerbang”, ratusan batu berbentuk persegi panjang itu sekarang disebut “mustatil” atau bahasa Arab untuk persegi panjang.

Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis tim peneliti di Jurnal Holocene, struktur batu tersebut kemungkinan digunakan untuk acara ritual pemujaan.

“Fenomena mustatil menandai perkembangan luar biasa arsitektur monumental saat ratusan struktur itu dibangun di Arabi Saudi bagian barat laut,” jelas laporan penelitian itu, Rabu (26/8).

Landscape monumental itu mewakili salah satu bentuk skala besar paling awal dari konstruksi struktur batu monumental mana pun di dunia,” ungkap laporan tersebut.

Para peneliti menggunakan penanggalan radiokarbon dari arang yang ditemukan di dalam salah satu struktur yang berasal dari 5.000 tahun sebelum masehi.

Struktur itu memiliki lebar 15 meter dan panjang 600 meter. Analisis lebih lanjut pada monumen tersebut ditemukan bahwa ada bangunan di bagian ujung persegi panjang lainnya dengan beberapa desain geometrik yang tidak pernah ada sebelumnya.

Mustatil yang pertama ditemukan di lahan lahar Gurun Harrat Khaybar, namun tim arkeologis mengidentifikasi mustatil di Gurun Nefud di utara Arab Saudi menggunakan citra satelit resolusi tinggi dan data dari Google Earth.

“Sangat mungkin struktur itu memiliki visual yang spektakuler,” ungkap Kepala Tim Peneliti Huw Groucutt.

Max Planck Institute memperkirakan, kemungkinan itu lokasi pengorbanan hewan atau pesta. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03