28 March 2024 - 20:54 20:54

Bulog: Stabilisasi Harga Beras dan Gula Lancar Walau Ijin Impor Terlambat

WartaPenaNews, Jakarta  – Dirut Perum BULOG Budi Waseso memastikan stabilisasi harga bahan pokok beras dan gula melalui operasi pasar yang dilaksanakan di seluruh Indonesia berjalan lancar, walau sebelumnya sempat mengalami keterlambatan ijin impor gula dari Kementerian Perdagangan yang bisa menghambat program pemerintah soal pangan pokok.

“Berdasarkan pantauan kami yang terus menerus di tengah situasi perang mengatasi penyebaran COVID-19, harga beras sudah kembali normal sejak awal kemunculan wabah ini pada awal Maret lalu, sedangkan harga gula mulai terasa normal sejak BULOG melakukan operasi pasar khusus gula secara serentak ditanah air sejak awal Mei 2020,”kata Budi Waseso di Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Budi Waseso mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan soal peran stabilisasi harga kebutuhan pokok selama masa COVID-19. Sebelumnya sempat terjadi mahalnya harga beras dan gula akibat kelangkaan bahan pangan pokok tersebut. Ia juga mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk menaikkan harga di tengah situasi saat ini.

Penanganan soal harga dan ketersedian beras dengan segera ditangani BULOG lewat distribusi yang cepat dari gudang-gudang BULOG. Perusahaan plat merah tersebut juga menjamin kecukupan pangan pokok bisa bertahan hingga akhir tahun dengan stok beras yang dikuasai BULOG sebesar 1,4 juta ton yang tersebar merata di seluruh Indonesia .

Namun berbeda halnya dengan stok gula yang mulai langka menjelang akhir tahun dan sebagai antisipasinya sejak November 2019 BULOG sudah mengajukan ijin impor namun baru diberikan Kementerian Perdagangan pada tanggal 7 April 2020.

Harga beras kini berkisar di harga Rp. 11.750 – 12.000,- per kilogram, sedangkan harga gula di pasaran ditetapkan sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET- ketetapan pemerintah) senilai Rp12.500 per kilogram. BULOG sendiri menjualnya seharga Rp 11.900,- per kilogram.

“Stablisasi harga adalah tugas dari pemerintah, maka BULOG akan habis-habisan melaksanakan amanah tersebut tanpa ada unsur kepentingan apapun kecuali kepentingan rakyat, terlebih ditengah situasi krisis seperti sekarang,”katanya.

Mengenai urusan gula, Budi waseso menjelaskan bahwa pada 5 Mei lalu, Perum BULOG telah menggelontorkan sedikitnya 22.000 ton gula yang baru datang dari India dan langsung didistribusikan ke seluruh Indonesia guna menjamin stabilisasi harga dan ketersediaan stok gula di masyarakat. Impor gula tersebut baru sebagian dari ijin impor yang diberikan Kementerian Perdagangan dari total permintaan sebanyak 50.000 ton.

“Sejak awal kami sudah mengantisipasi kelangkaan gula dan minta kuota impor gula pada akhir 2019, namun ijin impor BULOG baru diberikan pada 7 April 2020 sehingga menyebabkan suplai gula terlambat” kata Mantan Kabareskrim itu.

Sebagaimana diketahui bahwa harga gula pasir di tingkat konsumen sejak menjelang bulan Ramadhan melonjak hingga Rp20.000 per kilogram sehingga perlu intervensi yang masif dari pemerintah. Dengan stok yang dikuasai, Perum BULOG sangat optimis dapat menekan harga gula kembali ke HET Rp12.500 per kilogram.

Tangkap yang Mendiskreditkan BULOG
Mantan Kepala Badan Nasional Narkotika itu kembali menegaskan bahwa upaya yang mendiskreditkan BULOG dalam yang menjalankan tugas negara yang diembannya akan ditangani dengan tegas dan cepat sesuai hukum yang berlaku karena dapat dianggap sebagai gangguan terhadap kepentingan nasional.

“Seperti yang terjadi baru-baru ini terkait kasus beredarnya video yang sempat viral yang menjelekkan kualitas beras BULOG yang disebutkan busuk di Kelurahan Pisangan Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Kita langsung cross-check dengan penyaluran yang ada di lapangan, dan ternyata pelakunya yang memviralkan video tersebut sudah ditangkap polisi pada hari itu juga. Kita tidak main-main soal pangan ini ya, siapa yang menghalang-halangi tugas kita akan segera kita selesaikan” katanya lagi.

Video yang sempat viral itu terkait dengan upaya pemerintah memberikan sembako kepada 1,4 juta warga di Jabodetabek yang terkena dampak COVID-19. Perum BULOG mendapat penugasan untuk menyediakan Bantuan Presiden berupa paket sembako kepada Keluarga Penerima Manfaat di wilayah Jabodetabek. Penyalurannya sendiri sedang berjalan dan hampir terlaksana 100 persen.
Perum BULOG terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk membantu mensukseskan program pemerintah dengan menstabilkan harga pangan menjelang lebaran dan selama masa penangan penyebaran pandemi Covid-19. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03