27 April 2024 - 20:21 20:21

Buron Berbulan-Bulan, Tersangka Korupsi Diringkus Sedang Ngumpet di Tengah Sawah

WartaPenaNews, Jakarta – Berbagai cara dilakukan oleh seorang buronan untuk menghindari penangkapan. Seperti dilakukan oleh Hartono, tersangka kasus dugaan penyelewengan dana royalti batubara di Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur (Kaltim) sebesar Rp4,8 miliar.

Untuk menghindari tangkapan penyidik yang memburunya, sampai-sampai ia rela sembunyi di sebuah pondok yang berada di tengah sawah, di Desa Loa Ulung, Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kaltim.

Namun persembunyiannya itu hanya berlangsung beberapa bulan. Pasalnya, Hartono sudah dipergoki oleh penyidik Kejati Kaltim bersama Tim Tabur Kejaksaan Agung (Kejagung), yang sebelumnya melakukan pengintaian.

“Tersangka diamankan saat sedang bersembunyi dalam pondok di tengah sawah yang berada di Desa Loa Ulung, Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kaltim, Jumat (11/6) pukul 00.00 WITA,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak di Jakarta.

Selama ini, Hartono tinggal di Jalan Bulungan, Gunung Tabur, Berau, Kaltim. Guna menghindari pemantauan dan penangkapan penyidik, Hartono pun terpaksa sembunyi di pondok tersebut. “Tersangka akhirnya berhasil diamankan ketika pencarian diintensifkan bekerjasama dengan Tim Tabur Kejagung,” kata Leo.

Hartono ditetapkan tersangka berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Nomor Print-04/O.4/Fd.1/05/2020 tanggal 20 Mei 2020.
Namun selama proses penyidikan, Hartono diduga sering menghindari panggilan penyidik. Karenanya, kemudian Hartono ditetapkan sebagai buronan atau DPO.

“Setelah ditangkap, Hartono langsung dijebloskan ke sel tahanan guna memudahkan proses penyidikan terhadap dirinya,” Leo menegaskan.

Pada kesempatan itu, Leo pun mengimbau kepada seluruh DPO Kejaksaan untuk segera menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Karena sesungguhnya tidak ada tempat yang aman bagi para buronan,” tandas mantan Wakajati Papua Barat itu. (ydh)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03