26 April 2024 - 13:28 13:28

Bursa Calon Menteri, Ada yang Pernah Diperiksa KPK

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut mengamati penentuan sejumlah nama berubah menjadi calon menteri kabinet kerja jilid II.

Biarpun tak disertakan, KPK memperingatkan kalau sejumlah nama yang dipanggil Jokowi, sempat diperiksa penyidik antirasuah.

Antara lainnya Politikus Golkar Zainudin Amali. Zainudin sempat diperiksa oleh penyidik terkait masalah suap di Kementerian ESDM yang menangkap Menteri ESDM Jero Wacik. Ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sekjen ESDM Waryono Karno.

“Ada sekian banyak masalah yang berjalan saat itu, seperti suap pada Ketua MK, gratifikasi Sekjen ESDM sebagai peningkatan OTT pada Kepala SKK Migas,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (22/10/2019).

Gak cuma disana, ternyata Zainudin Amali juga sempat disebut dalam masalah dugaan suap perselisihan Pemilihan kepala daerah yang menangkap Bekas Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar. Zainudin dan Akil disebutkan sempat melakukan komunikasi pada 1-2 Oktober 2013 melalui BlackBerry Messeger (BBM) untuk membicarakan perselisihan Pemilihan kepala daerah Jawa Timur.

“Serta ada yang sempat masuk di komunikasi tersangka yang diperdengarkan di persidangan. Akan tetapi mereka memang baru diperiksa sebagai saksi sampai kini,” kata Febri.

KPK juga sempat melakukan pemeriksaan di kediaman dan kantor Zainudin saat memegang Wakil Ketua Komisi VII (daya, analisis dan teknologi, dan lingkungan hidup). Akan tetapi, hal tersebut dibantah Zainudin yang mengatakan kalau dirinya tidak terima saluran duwit dari Sekjen ESDM.

Walaupun demikian, KPK kata Febri tak dapat mencampuri presiden dalam pilih menterinya. Dia cuma membetulkan kalau ada sekian banyak faksi yang dipanggil Jokowi ke Istana itu sempat di garap KPK.

“Berkaitan dengan proses penentuan menteri, mungkin seharusnya KPK tidak menyikapi lebih dahulu. Akan tetapi memang ada sekian banyak nama yang kita tahu terkait dengan sejumlah masalah korupsi yang sempat dikerjakan KPK,” katanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03