19 April 2024 - 19:55 19:55

Cak Imin Bahas Isu Sawit dalam Pertemuan European People’s Party

WartaPenaNews, Jakarta – Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar dijadwalkan untuk menghadiri acara European People’s Party (Partai Masyarakat Eropa) yang akan fokus membicarakan masalah lingkungan hidup dan perubahan iklim, di Zagreb, Kroasia, pada tanggal 19-21 November 2019.

“Persoalan sawit (CPO) akan menjadi isu serius yang dibahas. Sebagai negara dengan 16,2 juta rakyatnya hidup dari industri ini, forum ini akan saya manfaatkan untuk mengimbangi pandangan diskriminatif Uni Eropa soal sawit,” kata Cak Imin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (21/11).

Dia mengatakan, Uni Eropa telah mengeluarkan Renewable Direction Red II yang melarang penggunaan minyak sawit sebagai bahan bakar nabati di seluruh Eropa.

Padahal menurut dia, Indonesia sedang gencar mengembangkan B20 dan B30, bahkan B50, jadi salah besar tuduhan bahwa Indonesia tidak komit soal lingkungan hidup.

Ketua Umum DPP PKB itu mengatakan dirinya akan berupaya keras dalam forum tersebut untuk melobi partai-partai penguasa di Parlemen Eropa, agar sanksi dan pembatasan soal sawit bisa dihapuskan, minimal dilonggarkan.

“Perundingan kerja sama Indonesia Eropa (IEU – CEPA) soal bio fuel ini memang harus disikapi serius dan tegas, karena akan ‘in to force’ di 2020. Insya Allah berhasil,” katanya.

Pertemuan tersebut merupakan “gathering” dari partai politik di seluruh Eropa, dihadiri sekitar 40 negara dan partai-partainya, forum ini menjadi ajang konsolidasi dan koordinasi partai-partai anggota Parlemen Eropa itu. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03