3 May 2024 - 08:47 8:47

Cara Mengkritik Pasangan Tanpa Membuatnya Sakit Hati

WartaPenaNews, Jakarta -  Mengemukakan masukan memang gampang-gampang susah, lebih mengomentari pasangan. Walau sebenarnya, arah Anda mungkin saja ingin membuat jadi pribadi yang lebih baik. Tetapi, bukanlah terpacu, masukan dengan cara yang salah justru dapat berefek jelek pada jalinan.
Karena terlalu seringkali mengomentari pasangan

Pada intinya, masukan memang dibutuhkan setiap orang, termasuk Anda dan mungkin pasangan Anda untuk jadi lebih baik. Tetapi, tanpa Anda sadari, mengomentari pasangan dengan cara yang kurang tepat justru membuat mereka merasakan Anda akan mengatur hidupnya.

Pada akhirnya, bukannya sepakat dengan yang Anda berikan, dia justru condong mengabaikannya dan terus melakukan kekeliruan yang sama. Kemauan Anda untuk mengubah jadi lebih positif juga jadi tak sukses.

Tidak itu saja, juga bisa ada perasaan tidak suka dan jengkel dari pasangan apabila Anda terus menerus mengkritiknya dengan cara yang tidak tepat.

Beberapa karena yang ada jika Anda seringkali mengomentari pasangan, diantaranya:

Seringkali sembunyikan suatu karena takut atau malas dinilai bila Anda tahu.
Diam-diam membenci Anda walau di muka Anda kelihatan baik-baik saja. Hal itu menyebabkan jalinan ini jadi tidak sehat karena Anda tidak sadar tentang perasaan pasangan pada Anda.
Tidak biarkan Anda membuat kekeliruan apapun. Bila terjadi, mereka condong akan mengomentari Anda lebih tajam atau bahkan meninggalkan Anda.
Takut coba beberapa hal baru karena tidak ingin dinilai dan takut membuat Anda malu atau sedih jika melakukan perbuatan salah.

Walau demikian, bukan bermakna Anda tidak bisa mengomentari pasangan karena cemas akan jadi memperburuk jalinan Anda berdua. Anda tetap bisa memberikan masukan pada mereka, seandainya dengan cara yang baik dan membuat, dan tidak menyentuh perasaannya.
Panduan memberikan masukan pada pasangan

Pada saat Anda mengomentari pasangan, usahakan untuk tidak kelihatan seperti menyepelekan atau menghinanya. Ini akan melukai harga dirinya. Bukanlah berlaku terbuka, dia justru makin tutup diri.

Coba untuk memerhatikan banyak hal berikut ini saat akan memberikan masukan pada pasangan.

1. Pilih waktu dan kondisi yang tepat

kebiasaan yang pasangan tidak suka

Satu diantara hal yang harus diperhatikan saat mengomentari pasangan ialah melihat kondisi dan pilih waktu yang tepat.

Contohnya, pasangan melakukan kekeliruan setibanya di rumah dari kantor, yang Anda kerjakan ialah mengkritiknya habis-habisan tanpa memberikannya interval untuk beristirahat sesaat. Jika hal ini terjadi, mungkin akan membuat pasangan Anda geram dan pada akhirnya Anda berdua berkelahi.

Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan masukan saat pasangan Anda sudah tenang dan dapat mengolah apa yang ingin Anda berikan.

2. Terima kekurangan pasangan

Meskipun terdengar susah, kritik bukan ajang pertarungan siapa yang benar dan siapa yang salah. Terima kekurangan dan mengaku jika tidak ada manusia yang sempurna akan buka pintu empati dari diri Anda dan pasangan.

Pada saat itu terjadi, Anda berdua bisa terbuka pada masukan dan terima pendapat yang diberi oleh Anda atau pasangan.

3. Berdiskusi bukan menceramahi

Beberapa orang yang tidak biarkan pasangan mereka untuk memberikan penjelasan atau keberatan saat memberikan masukan. Ingat, mengomentari seseorang, apalagi pasangan, semestinya dilakukan dalam situasi diskusi supaya Anda tahu apa yang membuat melakukan hal tersebut.

Jika dilakukan satu arah, pasti akan membuat pasangan Anda merasakan tidak punyai terlibat padahal tema yang sedang dibicarakan ialah mereka sendiri. Biasakan dengar dari bagian pasangan Anda supaya masalah yang sedang Anda bicarakan jadi lebih jelas.

4. Janganlah lupa menghormati upayanya

Sebelum mulai mengomentari, ingat-ingatlah usaha apa saja yang dilakukan oleh pasangan untuk melakukan perbaikan kesalahannya sebelumnya. Contohnya, Anda mengomentari pasangan sebagai orang yang seringkali terlambat saat bertemu atau berkencan.

Coba ingat-ingat , apa memang jarak rumah Anda dan pasangan terlalu jauh sehinga perlu waktu untuk menjemput. Ingatlah kembali apa ia melakukannya dengan menyengaja atau sebenarnya sudah berupaya melakukan perbaikan.

Selalu katakan apa yang dapat Anda animo dari pasangan dan saat dia memahami jika tujuan Anda ialah baik, utarakan yang ingin Anda berikan tanpa menggurui atau menjatuhkan. Langkah ingin mungkin bisa membuat pasangan lebih terbuka dan positif pada kritik Anda.

Perlu waktu dan latihan untuk mengomentari pasangan tanpa melukai harga diri mereka dan memberikan efek positif dalam jalinan Anda. Bila Anda terus mengusahakannya, bukan tidak mungkin jalinan Anda akan makin dekat dan intim karena masukan yang membuat Anda berdua jadi pribadi yang lebih kuat.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 08:09
Waspada, Indonesia Bakal Dilanda Hujan Badai

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan, hujan disertai petir akan melanda sebagian wilayah Indonesia. Pengendara motor harus lebih waspada ketika terjadi hujan badai. Seperti diketahui, sepeda

01
|
3 May 2024 - 07:31
Sadis, Usai Bunuh Bocah 7 Tahun, Anak SMP Ini Sodomi Jasadnya

WARTAPENANEWS.COM – Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo mengungkapkan kronologi tewasnya bocah 7 tahun setelah hilang saat bermain. Dalam kronologi yang diungkap, pelaku dengan keji menyodomi korbannya yang sudah

02
|
3 May 2024 - 07:10
Dampak Erupsi Gunung Ruang, 9.083 Warga Dievakuasi

WARTAPENANEWS.COM –  Sebanyak 9.083 warga mulai dievakuasi, yang berada di Pulau Tagulandang dalam radius 7 kilometer (km) dari pusat erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Evakuasi ini merupakan rekomendasi

03