20 April 2024 - 01:33 1:33

Cara Mudah Simpan Sayur dan Buah, Biar Segar dan Tahan Lama

WartaPenaNews, Jakarta – Tren minum jus berbahan sayuran dan buah tengah happening bersamaan dengan bergesernya gaya hidup warga menjurus yang lebih sehat. Sayuran sendiri memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan badan.

Tapi, butuh Anda simak, dalam bikin jus semestinya harus menggunakan sayur-sayuran yang masih fresh. Satu diantara cara untuk bikin sayuran tetap fresh dan tahan lama dengan menyimpannya dalam lemari es.

Tapi terkadang kita seringkali menemukan keadaan dimana sayur dan buah yang disimpan dalam lemari es tetap berubah menjadi layu atau keriput. Lalu, bagaimana cara menyimpan sayur dan buah biar tetap fresh?

Celebrity Chef, Steby Rafael mengatakan, satu diantara langkah yang dapat dilakukan pertama kali dengan menyimpan sayur dan buah pada wadah terpisah. Ini bertujuan biar tidak tumpang tindih hingga menyebabkan mereka rusak.

“Pakai kompartemen sendiri di antara sayuran, buah sendiri. Takutnya akan tertekan. Diluar itu pula menahan terjadinya penebaran aroma di antara sayur dan buah. Jadi contoh, citrus kan miliki aroma khas. Bila berbaur kelak terjadi penebaran dengan sayuran atau buah lain,” katanya belum lama ini.

Ia meneruskan, untuk sayuran, lebih baiknya dicuci lebih dahulu sebelum disimpan dalam lemari es. Perihal ini bertujuan biar mencegahnya layu dan busuk karena kotoran yang masih tinggal di sayuran.

“Untuk sayuran, sebelum masuk ke kulkas, bersihkan bersih dahulu. Seperti pokcoy itu ada tunas, kadang masih ada kotoran di sela-selanya. Membersihkan. Sebab bila masih ada tersisa kotoran, dapat enteng layu dan busuk,” katanya.

Spesial sayur, setelah dicuci bersih, kata Steby, harus dikeringkan baru selanjutnya dimasukkan ke plastik penyimpanan. Selanjutnya ia mengatakan plastik penyimpanan itu pula seharusnya diberi lubang supaya bisa bikin sayur-sayur dapat tetap fresh dan awet sampai 2-3 hari.

“Masukkan ke plastik zip, selanjutnya dilubangi baru dimasukkan ke tempat spesial sayuran. Bila masalah suhu yang tepat itu berada di atas 0-4 derajat (Celsius). Bila terlalu dingin dapat cepat busuk dan layu,” katanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03