24 April 2024 - 17:36 17:36

Cara Sederhana untuk Terapkan Gaya Hidup Sehat Bagi Anda yang Terlalu Sibuk

wartapenanews.com  – Menerapkan gaya hidup sehat memang tidak mudah, terutama bila merasa selalu memiliki kesibukan lain yang menjadi prioritas, dari pekerjaan sampai mengurus keluarga. Kadang, banyak yang merasa terlalu sibuk untuk mempertahankan gaya hidup sehat di jadwal sehari-sehari.

Gaya hidup sehat lebih dari sekadar menjaga pola makan dan tingkat aktivitas yang sehat namun juga mencakup pengelolaan stres dan pola jadwal tidur. Gaya hidup sehat adalah salah satu keseimbangan, artinya menjaga perawatan diri yang diperlukan sambil melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, merawat anak, atau hal-hal lain yang harus dikerjakan sepanjang hari.

Perawatan diri ini berarti mengutamakan kesehatan dan kebugaran mental dan fisik diri sendiri. Berikut tips gaya hidup sehat untuk yang sibuk.

Buat jadwal
Salah satu cara terbaik untuk tetap teratur dan mempertahankan gaya hidup sehat adalah dengan membuat dan mengatur jadwal untuk memastikan Anda tetap mengerjakan tugas-tugas penting. Jadwal akan menentukan bagaimana Anda menyelesaikan setiap tugas sepanjang hari dan di mana dapat memasukkan aktivitas gaya hidup sehat.

Pertahankan kebiasaan tidur sehat
Studi menunjukkan sebagian besar pemulihan dan perbaikan dalam tubuh dilakukan selama waktu tidur. Hal ini berguna untuk pemulihan otot tubuh dan perbaikan otak. Maka dari itu sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh dan otak tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Hal ini bisa mengganggu proses pengambilan keputusan.

Banyak minum air
Air adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan karena 60 persen dari tubuh manusia adalah air. Otak dan jantung terdiri dari 73 persen air dan paru-paru sekitar 83 persen. Kulit mengandung 64 persen air, otot dan ginjal 79 persen, dan bahkan tulang pun mengandung 31 persen air.

Berolahraga tiap hari
Olahraga yang dilakukan tidak harus yang berat seperti angkat beban setiap hari. Cobalah latihan kardio ringan yang konsisten setiap hari, minimal 20 menit. Atau jika ingin membaginya menjadi dua kali 10 menit juga tidak masalah, Namun perlu diingat hal itu adalah batas minimal. Unduhlah aplikasi kebugaran di gawai yang akan membantu melihat prosesnya.

Pertahankan pola makan sehat
Pendekatan gaya hidup sehat adalah dengan membangun pola makan sehat yang berkelanjutan. Pola makan yang sehat adalah salah satu cara untuk menjaga keseimbangan dan menjaga asupan nutrisi makro dan nutrisi mikro yang tepat. Memperhatikan asupan kalori juga cukup penting. Pastikan mengonsumsi protein yang cukup dan berkualitas tinggi.

Jangan memasak daging terlalu lama
Hindari memasak makanan terlalu lama, terutama daging. Jika ingin merebus daging, usahakan jangan terlalu lama. Merebus daging lebih lama akan menyebabkan kandungan vitamin B serta nutrisi lain akan hilang karena larut bersama air rebusan. Lalu, jika ingin menggoreng atau menumis daging, usahakan terus dibolak-balik atau diaduk dengan memakai spatula.

Teknik ini dilakukan dengan memakai panas yang tinggi dan waktu memasak yang singkat supaya menjaga daging tetap lembut dan rasanya lebih nikmat. Teknik memasak daging ini meminimalisir nutrisi yang terbuang sehingga risiko kolesterol yang disebabkan daging berlemak teroksidasi juga lebih kecil dibanding teknik memasak lain.

Memasak daging dengan teknik yang baik sangat diperlukan agar membunuh bakteri berbahaya yang ada dalam daging seperti contohnya salmonella dan E coli yang menjadi penyebab timbulnya keracunan makanan, penyakit lain bahkan kematian.

Habiskan waktu bersama teman dan keluarga
Cobalah luangkan waktu untuk dihabiskan bersama teman terdekat atau keluarga. Letakkan semua gawai dan fokuslah memulai percakapan hangat. Dengan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, Anda memenuhi kebutuhan sebagai manusia yang memerlukan interaksi sosial.

Pilih konten dan informasi berkualitas
Pentingnya menyaring informasi yang tersebar di internet juga penting. Pilihlah konten yang bermanfaat dengan kualitas tinggi untuk menambah wawasan. Selain itu, konten yang berkualitas tinggi akan membantu mengarah pada peningkatan kesadaran diri dan pasti membantu dalam membuat perbaikan gaya hidup. Buku berkualitas, buku audio, dokumenter, kursus atau ceramah online, dan podcast adalah konten yang patut dicoba. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03