19 April 2024 - 00:30 0:30

Cegah Covid-19, BAZNAS Sediakan Wastafel Sehat di Stasiun KRL

WartaPenaNews, Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus mengupayakan langkah pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, BAZNAS melalui sinergi Layanan Aktif BAZNAS (LAB) dan Rumah Sehat BAZNAS (RSB) membuat wastafel sehat BAZNAS yang akan dipasang di area publik, dimana akan diutamakan di lokasi yang masih banyak sekali aktivitas mobilitas masyarakat.

Pemasangan wastafel sehat BAZNAS ini merupakan salah satu cara pencegahan Covid-19 dimana masyarakat umum dapat melakukan pencucian tangan secara mudah dengan menggunakan air mengalir beserta sabun yang sudah disediakan. Tak hanya cuci tangan dengan sabun, wastafel sehat juga menyediakan cairan sanitizer untuk digunakan sebagai alternatif cuci tangan.

Pada Jumat (20/3), sudah terpasang satu wastafel sehat BAZNAS di Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Manggarai, dan akan menyusul titik lokasi lainnya.

Kepala Program Layanan Aktif BAZNAS, Iskandar Darussalam mengatakan wastafel sehat BAZNAS ini sengaja diletakkan di titik keramaian untuk memberikan kemudahan masyarakat memanfaatkan fasilitas ini.

Baca Juga: Ridwan Kamil Usulkan Keringanan Biaya Fiskal Bagi Sektor Pariwisata

“Sebagian orang cenderung enggan mencuci tangan karena lokasi toilet yang jauh dan beberapa alasan lain. Wastafel Sehat BAZNAS ini menjadi alternatif karena orang mudah menjangkaunya. Selain itu keberadaan wastafel sehat ini juga untuk memberikan edukasi cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar. Pada akhirnya bermuara untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Covid-19,” jelasnya.

Iskandar menambahkan saat ini masih melakukan pemetaan titik distribusi Wastafel Sehat BAZNAS bersama RSB yang rencananya akan dipasang di 100 titik. 100 titik tersebut terdiri daru 23 Stasiun KRL area Jakarta Kota – Bogor, 20 masjid, 10 fasilitas kesehatan sekelas puskesmas, 16 kantin, dan 30 sekolah yang dimana seluruh titik berada di area Jabodetabek.

“Wastafel Sehat BAZNAS sebagai upaya edukasi dan preventif bagi masyarakat mencegah terjangkit Covid-19. Dalam kasus pandemi Covid-19 yang sangat mudah penularannnya, diperlukan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta menyampaikan BAZNAS ikut berusaha keras menghentikan penyebaran virus Corona terutama bagi pegawai lapangan, usaha mikro dan sektor informal.

“Masih banyak masyarakat yang melakukan aktivitas di tempat umum seperti stasiun, terminal, karena tuntutan pekerjaan yang harus mereka tunaikan. Semoga Wastafel Sehat BAZNAS menjadi bagian pencegahan masyarakat ini agar tidak terjangkit Covid-19,” ujarnya. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03