29 March 2024 - 02:41 2:41

CERI Pertanyakan Kebijakan Wamen ESDM Soal Tender Ulang Blok West Ganal

WartaPenaNews, Jakarta – Kebijakan Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) membatalkan hasil lelang wilayah kerja Blok West Ganal sangat patut dipertanyakan.

Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman merasa heran dengan alasan yang dikemukakan Wakil menteri ESDM Arcandra Tahar membatalkan hasil lelang wilayah kerja West Ganal tersebut. Pasalnya, alasan itu tak lazin karena lelang itu sudah dievaluasi sejak Febuari 2019 tapi mendadak dikatakan “term and condition”.

“Tak sadar Pak Wamen terkesan ingin mempermalukan Kementerian ESDM telah tidak profesional dalam melakukan tender,” kata Yusri di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Yusri menambahkan pembatalan itu bisa menganggu minat investor dalam negeri dan luar negeri jika model tender seperti ini masih bisa terjadi di era skrng. “Kalau dalam lelang wilayah kerja saja begini caranya, maka pertanyaannnya gimana mau dapat minyak dan menumbuhkan minat investor,” sambung dia.

Dia memperkirakan proses tender ulang ini diduga karena hasil evaluasi lelang ternyata tidak sesuai skenario, dan praktek ini lazim dilakukan. Mengingat kedua peserta lelang tersebut yaitu perusahaan Neptune Muara Bakau BV dan konsorsium Pertamina dgn Eni Indonesia adalah perusahaan migas yg sudah mempunyai reputasi internasional.

“Oleh karena itu, KPK harus segera memantau proses retender ini dan menyelidiki apakah alasan yg dikemukan oleh Wamen KESDM Achadra Tahar itu masuk akal atau memang ada indikasi penyimpangan karena ada pesan sponsor,” kata dia.

“Publik sangat menunggu hasil investigasi KPK bisa menyelidiki kasus retender ini, agar bisa menimbulkan kepercayaan publik proses tata kelola di Migas sudah benar,” sambungnya. (rob)

Sebelumnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang ulang Blok West Ganal.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan bahwa tidak ada pemenang atas penawaran dua investor tersebut terhadap Blok West Ganal.Menurutnya, ada pertimbangan tambahan yang menyebabkan wilayak kerja West Ganal harus dilelang ulang.

“Ini [West Ganal] akan kami lelang ulang dengan term and condition [syarat dan ketentuan],” katanya, Selasa (7/5/2019).

Padahal, lanjut Arcandra, kedua dokumen partisipasi yang diajukan sudah layak. Hanya saja, pihaknya meminta adanya pendalaman tambahan program di blok tersebut. Arcandra pun mengakui bahwa perubahan syarat dan ketentuan lelang hanya terjadi di Blok West Ganal.

“[Lelang] di WK [wilayah kerja] lain su¬dah clear. Cuma di West Ganal. Proposal me¬re¬ka layak, hanya memperdalam,” tambahnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03