19 April 2024 - 20:56 20:56

CERI Taksir Pertamina Alami Kerugian Rp 1,25 Triliun atas Kebakaran Tangki Balongan

WartaPenaNews, Jakarta – Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman memperkirakan Pertamina mengalami kerugian atas kebakaran Kilang BBM Balongan sebesar Rp1,25 triliun.

“Jika fasilitas empat tangki BBM yang terbakar ludes, maka kerugian Pertamina ditaksir bisa mencapai sekitar Rp1,25 triliun bukanlah mustahil, yaitu berdasarkan asumsi jumlah BBM yang terbakar ludes sekitar 600 ribu barel hingga 800 ribu barel didalam empat tangki tersebut,” terang Yusri dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Menurut Yusri, kebakaran tangki T301 di area kilang Balongan telah menimbulkan kerugian besar bagi Pertamina dan telah menimbulkan korban luka berat dan ringan sejumlah 20 orang.

Yusri mengungkapkan, jika dibedah lebih dalam maka akan diperoleh informasi bahwasanya pihak manajemen agak kurang memperhatikan sistem kerja dan kualitas SDM di area luar, yakni area utilities, dan area ITP yang mengurusi instalasi pipa dan tangki serta jetty dan SBM, termasuk juga unit laboratorium agak diabaikan. Kelihatannya, hanya lebih fokus memperhatikan SDM di unit proses.

“Ternyata pula, telah terjadi kasta dilikungan semua kilang Pertamina, kasta paling tinggi adalah orang yang mengendalikan unit proses, kasta kedua yang menangani unit utilities, kasta ketiga adalah yang menangani unit ITP, yakni instalasi pipa dan tangki serta Jetty dan SBM. Kasta yang paling rendah adalah yang keempat, yaitu yang menangani unit laboratorium di kilang,” terang Yusri.

“Jika ini tidak segera dibenahi, maka persoalan yang sama atau lebih parah akan dapat terjadi lagi di kilang Balongan maupun kilang lainnya, khususnya di area diluar unit proses,” pungkas dia. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03