29 March 2024 - 14:46 14:46

China Bakal Bangun Pabrik Vaksin di Indonesia, Mulai Produksi April 2022

luhut binsar

WartaPenaNews, Jakarta – China bakal bangun pabrik vaksin di Indonesia dan rencananya akan mulai produksi April 2022.

Menteri Bidang Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, investasi China ini sebagai bagian dari upaya menggenjot pengadaan vaksin virus corona di Indonesia. Dia juga mengimbau agar pelaku usaha ikut meramaikan investasi di sektor kesehatan.

Sejauh ini, kata Luhut, sudah ada satu perusahaan asal China yang akan bekerja sama dengan perusahaan lokal guna memproduksi vaksin Covid-19. Tapi Sayangnya, Luhut belum bisa menyebut identitas detail produsen vaksin dari Negeri Tirai Bambu itu.

“Industri vaksin sudah kita dorong dibangun di Indonesia. Sudah ada satu yang akan produksi nanti bulan April (tahun depan),” terang Luhut dalam kata sambutannya pada Rakornas Apindo ke-31 secara virtual, Selasa (24/8/2021).

Mantan Jenderal TNI bintang empat tersebut menjelaskan, kerja sama dengan perusahaan asal China ini nantinya akan memproduksi vaksin dengan jenis mRNA.

Vaksin mRNA merupakan salah satu jenis vaksin yang dikembangkan untuk menangani atau mencegah penyebaran Covid-19. Vaksin ini merupakan vaksin jenis baru yang kandungannya berbeda dengan jenis vaksin lainnya.

“Itu bekerja sama dengan perusahaan Indonesia dan perusahaan Tiongkok,” imbuh Luhut.

Di saat yang bersamaan, pemerintah juga terus melanjutkan pengembangan vaksin merah-putih. Luhut, menargetkan, produksi vaksin merah putih akan dilakukan mulai pertengahan atau Mei-Juni tahun depan. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03