5 May 2024 - 23:55 23:55

Ciri-ciri Anda Stres Berat dan Cara Mengatasinya

WartaPenaNews, Jakarta – Depresi berat bisa terjadi bila seseorang mengalami tekanan mental atau emosional yang berlebihan. Walau demikian, tidak kebanyakan orang langsung bisa mengerti kalau dirinya sedang menderita depresi berat.situasi ini dapat segera dideteksi dan dikerjakan, kita butuh mengetahui apa saja beberapa ciri depresi berat.

Depresi berat dapat diakibatkan oleh berbagai ragam soal, mulai dari beban pekerjaan, masalah keluarga, kehilangan orang tercinta, menderita penyakit spesifik, bercerai, kehilangan pekerjaan, sampai terlilit hutang.

Ciri-Ciri Stres Berat

Stres berat bisa pengaruhi berbagai faktor kehidupan, mulai dari emosi, tingkah laku, kekuatan berpikir, sampai kesehatan. Sebelum menyebabkan masalah yang lebih luas, penting untuk mengetahui beberapa ciri depresi berat biar situasi ini bisa segera dikerjakan.

Beberapa ciri seseorang mengalami depresi berat misalnya:

  • Ringan was-was, rasakan frustrasi, dan seringkali tampak murung.
  • Ringan tersinggung.
  • Rasakan dirinya tidak baik dan tidak mempunyai nilai, dan rasakan demikian tertekan.
  • Tidak bisa berpikir dengan tenang.
  • Tak tambah energi atau bergairah.
  • Tak dapat tidur atau mengalami insomnia.
  • Ringan sakit.
  • Seringkali sakit kepala.
  • Seringkali mengalami masalah pencernaan, seperti kembung, diare, dan sembelit.
  • Nafsu makan menyusut atau tidak memiliki nafsu makan.

Berbagai Cara Menangani Stres Berat

Depresi berat yang tidak terlewati secara baik bisa menambah kemungkinan berbagai penyakit, semisalnya penyakit jantung, diabetes, obesitas, penyakit asam lambung, asma, dan penyakit mental, seperti stres dan masalah kekhawatiran.

Untuk menangani depresi berat, ada beragam cara yang dapat Anda kerjakan, ialah:

1. Berpikir positif

Memang tidak mudah, tapi Anda tetap mesti berupaya untuk berpikir positif pada masalah yang sedang Anda mengmelawan.

Coba untuk memperingatkan atau berikan motivasi pada diri pribadi perihal beberapa hal positif yang Anda mempunyai dan pantas Anda syukuri. Langkah barusan bisa mengurangi depresi berat yang Anda alami.

2. Tulis buku harian

Menuangkan aduan ke sebuah tulisan bisa menolong memudahkan depresi. Dengan tuliskan semua aduan Anda, kecemasan yang Anda rasakan bisa menyusut. Anda bahkan bisa mendalami dan mengurus emosi lebih baik setelahnya.

3. Ceritakan ke orang terdekat

Jangan memendam masalah sendiri, tetapi coba ceritakan apa yang Anda alami dan rasakan pada keluarga atau kawan akrab. Dengan ceritakan pada orang paling dekat, beban yang Anda rasakan bisa menyusut.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat juga menolong Anda menangani depresi berat. Coba dengarkan musik sebelum tidur, biar pikiran jadi lebih santai. Tidak hanya itu, Anda dapat juga mandi air hangat saat jam tidur.

5. Pergi berlibur

Untuk mengurangi depresi berat yang Anda alami, ambil cuti kerja untuk pergi berlibur. Soal ini bisa membuat pikiran jadi lebih fresh, hingga depresi bisa menyusut.

Bila cara-cara diatas sudah dilakukan tapi depresi berat yang Anda alami belum pula terpecahkan secara baik, konsultasikanlah segera ke psikolog. Psikolog bisa menolong Anda cari solusi yang tepat untuk mengurus depresi berat yang sedang Anda alami. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03