7 May 2024 - 03:00 3:00

Ciri Demo Mahasiswa Disebut Murni, Tidak Ditunggangi Elite

WartaPenaNews, Jakarta – Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai, aksi demo mahasiswa yang serentak terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, Selasa (24/9), tidak ada yang menunggangi. Dia yakin aksi tersebut murni gerakan mahasiswa dalam merespons persoalan bangsa.

“Gerakan itu bersifat murni dan jauh dari pengaruh ditunggangi,” kata Ray dalam pesan singkatnya kepada wartawan.

Ray menyebut terdapat enam ciri sebuah gerakan mahasiswa tidak ditunggangi. Ciri pertama yakni luasnya demonstrasi mahasiswa.

“Kedua melibatkan jumlah massa puluhan atau bahkan ratusan ribu,” terang dia.

Ciri ketiga yakni demonstrasi yang meluas dilakukan secara bersamaan. Selanjutnya, keempat, gerakan tanpa kepemimpinan yang menonjol.

Ciri lainnya, kelima, memiliki isu utama yang dituju tetapi saat yang sama mempunyai beberapa variasi isu berbeda. “Keenam dengan militansi yang terjaga dan spartan,” tulis Ray.

Ray menilai, keenam ciri itu terpenuhi dalam gerakan mahasiswa Selasa kemarin. Sebab itu Ray tidak terima jika ada yang menyebut demo mahasiswa Selasa kemarin dikendalikan elite politik.

“Oleh karena itu, saya berkeyakinan bahwa gerakan mahasiswa September 2019 ini adalah murni gerakan mahasiswa untuk menuntut dihentikannya segala upaya yang mengorupsi agenda reformasi dan demokrasi,” timpal mantan aktivis 98 itu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03