24 April 2024 - 18:02 18:02

Cuaca Ekstrem, Anak-anak Disarankan Rajin Minum

wartapenanews.com –  Perubahan iklim yang ekstrem belakangan ini menimbulkan berbagai macam gejala penyakit pada kebanyakan orang, tak terkecuali anak-anak. Anak-anak yang cenderung lebih rentan terhadap penyakit khususnya di tengah kondisi cuaca yang tak menentu seperti ini.

Dokter spesialis anak konsultan ahli emergensi dan intensif anak, dr. Kurniawan Taufiq Kadafi M.Biomed., Sp.A(K)., menyarankan agar anak-anak lebih sering minum dalam kondisi seperti ini. Hal ini dinilai dapat mengantisipasi resiko dehidrasi dan heatstroke.

“Yang perlu diantisipasi adalah ketika menanggapi hawa panas yang ekstrem, resiko dehidrasi. Kadang ada yang namanya heatstroke. Kita mesti sarankan anak untuk lebih sering minum dalam situasi seperti ini,” tuturnya dalam Media Briefing Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang diselenggarakan secara daring pada Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, perubahan iklim yang ekstrem juga dapat mengganggu aktivitas belajar anak. Panas yang meningkat tajam dapat menimbulkan presipitasi atau proses mencairnya air akibat suhu yang tinggi, yang biasa dikenal dengan hujan.

“Suhu yang ekstrem menimbulkan presipitasi cuaca yang ekstrem menimbulkan cuaca yang meningkat, banjir sehingga waktu sekolah yang lebih pendek. Artinya banyak liburnya pada tempat-tempat tertentu,” jelasnya.

Selain itu, dr. Kadafi juga menambahkan bahwa guru sekolah dapat menyesuaikan situasi agar anak-anak dapat melakukan olahraga di luar ruangan atau di dalam ruangan. Ia kembali menegaskan pentingnya anak-anak menjaga diri dari perubahan iklim yang ekstrim ini dengan rajin minum.

“Andai kata sebagai orang dewasa saja sudah merasakan itu sangat mengganggu, maka gurunya bisa memilihkan sistem olahraga yang tidak dilakukan di luar ruangan. Tidak boleh dipaksakan,” tegasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03