6 May 2024 - 17:52 17:52

Daftar Negara-negara Paling Bahagia di Dunia

WartaPenaNews, Jakarta – Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan untuk PBB (Sustainable Development Solutions Network for the United Nations), merilis daftar negara-negara paling bahagia di dunia.

Jika selama ini Anda mengira negara hebat pasti bahagia, anggapan itu tidak sepenuhnya tepat. Peringkat teratas nyatanya diraih oleh negara yang tidak memiliki ambisi besar untuk mendominasi perpolitikan global.

Cara mengukur kebahagiaan negara-negara di dunia cukup unik. Jaringan itu menggunakan enam variabel kunci. Di antaranya adalah: pendapatan, kebebasan, kepercayaan, hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

Menurut World Happiness Report, puncak dari daftar itu diduduki oleh Finlandia, salah satu anggota Uni Eropa. Tidak hanya memiliki ibu kota yang penuh dengan seni tentang memasak dan menghias makanan, negara ini juga merupakan negara paling bahagia selama dua tahun berturut-turut.

Daftar negara paling bahagia di dunia 2019 cukup mirip dengan tahun-tahun sebelumnya. Kesepuluh negara teratas dalam daftar, berkompetisi sengit.

Berikut adalah negara-negara paling bahagia di dunia, menurut Sustainable Development Solutions Network for the United Nations:

  1. Finlandia
  2. Denmark
  3. Norwegia
  4. Islandia
  5. Belanda
  6. Swiss
  7. Swedia
  8. Selandia Baru
  9. Kanada
  10. Australia

Ternyata, negara besar dunia yang memiliki kekuatan bombastis dalam militer dan politik tidak termasuk dalam peringkat 10 besar. Amerika Serikat berada di tempat ke-19, turun satu peringkat sejak tahun lalu.

Kecuali dari aspek pendapatan, AS tidak masuk peringkat 10 besar dalam variabel lain yang dijadikan tolok ukur daftar negara paling bahagia.

Negeri Paman Sam berada pada peringkat ke-12 dalam aspek kedermawanan, tempat ke-37 untuk dukungan sosial, tempat ke-61 untuk kebebasan dan tempat ke-42 untuk kepercayaan karena adanya korupsi. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03