29 April 2024 - 11:13 11:13

Dampak Gas Air Mata Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

WartaPenaNews, Jakarta – Aksi massa menolak hasil putusan pemilihan presiden (Pilpres) di depan Gedung Bawaslu Jakarta, terjadi pada Selasa malam hingga Rabu (22/5) malam.

Massa yang anarkis terpaksa dihalau aparat gabungan TNI-Polri dengan menggunakan gas air mata. Lantas apa dampak bagi tubuh jika terkena gas air mata?

Dokter Karin Wiradarma mengatakana, ada beberapa jenis gas air mata. Namun yang paling sering digunakan adalah gas CS karena dianggap paling aman.

“Berbagai penelitian menemukan bahwa gas CS dengan batas konsentrasi 5% tergolong relatif aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius,” ujar Wiradarma melalui klikdokter.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini menjelaskan, selain gas CS, terdapat pula gas CN dan CR. Dua gas ini lebih jarang digunakan karena lebih beracun.

“Pemerintah Amerika Serikat bahkan melarang pemakaian gas CR karena diduga berpotensi menyebabkan kanker,” katanya.

Dia menjelaskan, yang sring dipakai kepolisian adalah gas CS. Gas ini disebut dengan gas ‘air mata’. Sebab akan membuat mata perih, dan bisa menyebabkan gangguan mata. “Bahkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mata (54%).” ujarnya.

Menurutnya, mata yang berkontak dengan gas ini dapat memicu keluarnya air mata dalam jumlah banyak. Selain itu juga menimbulkan rasa gatal, sensasi terbakar, hingga gangguan penglihatan.

Selain pada mata, gas ini juga memengaruhi sistem pernapasan (32%). Gejala pada saluran pernapasan di antaranya batuk, nyeri dada, sesak napas, serta mengeluarkan banyak dahak dan air ludah.

“Gejala ini akan lebih berat dialami oleh mereka yang memiliki masalah alergi dan asma.” Paparnya.

Dikatakan, bagian tubuh lainnya yang akan terganggu adalah kulit (18%). Gejala yang dapat timbul pada kulit adalah iritasi, nyeri, gatal, alergi, dan luka bakar kimia. Gas air mata juga dapat menimbulkan gejala nyeri kepala dan muntah.

“Gejala-gejala tersebut dapat timbul 20-60 detik sejak berkontak dengan gas air mata, dan akan membaik 10-30 menit setelah menghindari lingkungan yang terpapar gas tersebut.” Ujarnya.

Pertolongan Pertama

Jika Anda terkontak dengan gas air mata, segera hindari area yang terpapar oleh gas tersebut. Bilas mata atau organ yang terkena dengan air bersih yang mengalir, sedikitnya selama 10 menit.

Bila memungkinkan, akan lebih baik jika Anda membilas area yang terkontak gas airmata menggunakan air garam steril (cairan infus). Jangan lupa, lepaskan pakaian, topi, lensa kontak, dan benda-benda lain yang melekat di tubuh setelah terkontak dengan gas air mata.

Apabila gejala masih menetap bahkan memberat disertai dengan gangguan penglihatan menetap setelah melakukan tindakan pertolongan pertama, segeralah berkonsultasi kepada dokter. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

01
|
29 April 2024 - 09:12
Diduga Korban Pengeroyokan, Mayat Pria Penuh Luka Mengapung di Sungai Kedungsiling

WARTAPENANEWS.COM – Mayat laki-laki ditemukan mengapung di Sungai Kedungsiling, perbatasan Kecamatan Gunungpati – Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Polisi menemukan sejumlah bukti awal, laki-laki yang tewas itu adalah korban pengeroyokan. Korban

02
|
29 April 2024 - 08:11
Protes Perang Israel, 900 Mahasiswa Pro-Palestina di Amerika Serikat Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM – Kampus-kampus di Amerika Serikat terus menggelar aksi protes pro-Palestina yang menuntut pemutusan hubungan keuangan dengan Israel akibat perang di Gaza. Pihak kampus semakin terdesak karena upacara wisuda yang

03