2 Februari 2023 - 15:59 15:59
728x90

Data Terakhir, 7 Juta Lebih Penduduk DKI Tercatat Sebagai DPT

WartaPenaNews, Jakarta – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan terselenggara 17 April 2019. Tinggal beberapa bulan lagi, Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) akan segera melakukan tugasnya.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos mengimbau agar warga memastikan namanya berada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sehingga dapat memilih saat pemilu berlangsung.

“Saat ini terakhir pendataan ada 7,6 juta penduduk sudah terekam di KPU DKI,” jelasnya, Sabtu (5/1).

Ketika dikonfirmasi perihal masyarakat yang belum terekam e-ktp, Betty menyatakan warga tidak perlu khawatir. Sebab, jika posisinya sudah ada dalam DPT berarti data telah masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“Itu pasti terekam, kalau dia sudah terekam ketika Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Kalau DP4 dikasih ke kita, ketika kita mau pencocokan dan penelitian (coklit) bulan April-Mei sudah kita rekam dalam DPT karena basisnya DP4,” jelasnya.

Maka dari itu, Betty meminta agar masyarakat dapat memastikan bahwa namanya telah tercantum dalam DPT ke RT daerah masing-masing. Sebab jika tidak ada, jalan satu-satunya adalah menjadi Daftar Pemilih Khusus (DPK)

“Kalau sudah terdaftar dalam DPT kita, bisa kok langsung memilih. Kalau tidak ada ya satu-satunya cara ya harus DPK dengan menunjukkan e-ktp,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Dhany Sukma membenarkan, jika masih ada warganya yang belum merekam e-KTP. Jumlahnya yakni 39.566 warga, mereka pun terancam tak bisa ikut pemilu.

“Jumlah pastinya ada 39.566 warga yang belum merekam e-KTP,” kata Dhany, Jumat (4/1).

Bahkan, ia menyebutkan warga yang belum merekam itu merupakan kelompok usia yang sudah 17 tahun atau sudah menikah. Sebagian lagi warga yang akan berusia 17 tahun pada tanggal 17 April mendatang. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03