3 May 2024 - 13:48 13:48

Dengan Membaca Bikin Stimulus Anak jadi Cerdas

WartaPenaNews, Jakarta  – Perkembangan pada anak terdapat beberapa aspek, mulai dari fisik, kognitif, bahasa, emosi, dan sosial. Membaca salah satu stimulus untuk kecerdasan dan bahasa.

“Intinya di situ. Terutama juga emosi sosial dibandingkan dengan berjalan dan sebagainya. Tetapi stimulasi membaca itu ya enggak 24 jam. Juga misalnya ada simulasi lain yang tetap kita lakukan,” kata Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., seorang psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Jakarta, belum lama ini.

Masih menurutnya, jika anak dibiasakan membaca dan diajak ngobrol serta lainnya, memang biasanya perkembangan bahasa secara umum menjadi lebih tinggi dibandingkan anak – anak lain yang apalagi memang jarang diajak baca.

“Mengapa? Karena memang anak – anak menjadi lebih banyak mengenal banyak kata. Mengenal kata – kata itu ketika dibuat kalimat, dia tertarik dibuat komunikasi itu semua akan juga meningkatkan perkembangan bahasa dia,” tambahnya.

Jika menilik soal perkembangan bicara memang sedikit berbeda. Menurutnya, bahasa itu apa yang bisa anak serap, logika bahasa, struktur kalimat dan sebagainya.

“Nah, kalau bicara itu adalah yang menggunakan otot – otot bicara. Itu biasanya dikembangkan lewat proses – proses bicara. Contohnya, makannya dibenerin, jadi jangan makan bubur mulu. Semakin besar makan harus semakin padat,” tegasnya.

Kemudian, tantang bicara, orangtua bisa menjalankan trik yang jitu. Misalnya dengan cara jangan dikasih sesuatu hal yang langsung apa yang anak inginkan.

“Kalau mau sesuatu diminta bicara dulu baru ngomong. Tapi betul, anak – anak yang suka membaca, perkembangan bicara dan bahasanya menjadi lebih baik dibandingkan dengan anak – anak yang tidak suka membaca,” ujarnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03