20 April 2024 - 18:52 18:52

Deretan Film Horor Terbaik Indonesia Dijamin Bikin Merinding

WartaPenaNews, Jakarta – Film horor selalu punya tempat tersendiri bagi para pencinta tayangan sinema. Adegan menakutkan, menegangkan serta teror mengerikan yang ditayangkan selalu jadi sajian yang dinantikan dari genre film yang cukup populer tersebut.

Indonesia sebagai salah satu negeri dengan segudang cerita misteri yang melegenda, tentunya memiliki potensi besar dalam mengeksplorasi serta menggarap kisah-kisah mistis dan mencekam tersebut ke layar lebar.

Dan deretan film horor terbaik pun mampu dipersembahkan para sineas Tanah Air bagi para penikmat sajian cerita penuh dengan ketakutan dan adegan-adegan hantu yang kerap terekam di kepala.

Berikut rangkuman deretan 5 film horor terbaik Tanah Air:

Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Film garapan sutradara Timo Tjahjanto ini bercerita tentang seorang dukun misterius (Ruth Marini), Lesmana (Ray Sahetapy) membuat perjanjian dengan Iblis, bahwa ia akan mendapatkan kesuksesan sebagai seorang pengusaha, dengan menumbalkan istrinya (Kinaryosih).

Setelah melakukan perjanjian, Lesmana pun segera meninggalkan istri serta putrinya yang masih kecil, Alvi (Nicole Rossi). Istri Lesmana yang sudah ditumbalkan pun bunuh diri dengan misterius, yang disaksikan oleh Alvi dan meninggalkan luka misterius di lengannya.

Bertahun-tahun kemudian, Alvi yang sudah dewasa (Chelsea Islan) tumbuh menjadi wanita muda yang mandiri nan dingin, lantaran kehidupan keras yang dijalaninya seorang diri.

Alvi pun mendapatkan kabar bahwa Lesmana sedang sekarat di rumah sakit karena penyakit misterius, dan disanalah ia bertemu dengan anak-anak Lesmana yang lain: Maia (Pevita Pearce), Reuben (Samo Rafael) serta Nara (Hadijah Shahab) yang masih kecil, dari istri keduanya Laksmi (Karina Suwandi).

Alvi bersikap dingin pada keluarga tirinya tersebut, namun saat ia ditinggal berdua dengan Lesmana dalam kamar, sesosok makhluk misterius menerornya.

Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan merupakan salah satu judul film horor Indonesia yang tidak bisa dilupakan dalam daftar terbaik ini. Pertama, salah satu faktor yang mendukung kesuksesan film ini adalah promosinya yang berhasil membangun hype masyarakat kala itu. Joko Anwar sangat percaya diri bahwa filmnya ini patut ditonton karena benar-benar berkualitas.

Dirilis pada 28 September 2017 silam, film ini adalah pembuatan ulang (remake) dari film berjudul sama pada tahun 1980 silam.Per 7 November 2017, film ini telah ditonton oleh 4.206.103 penonton di bioskop, menjadikannya film Indonesia terlaris tahun 2017 sejauh ini.

Film ini rencananya juga akan ditayangkan di beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat. Pada ajang Festival Film Indonesia 2017 film ini mendapatkan 13 nominasi, dan berhasil memenangkan 7 di antaranya.

Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur (2018)

Film horor komedi ini disutradarai oleh Rocky Soraya, diadaptasi dari film horor lawas Sundelbolong pada tahun 1981 yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra.

Kita tidak bisa komplain bahwa sundel bolong yang diperankan oleh Suzanna lebih seram dari versi modern ini. Luna Maya sebagai Suzzanna dalam film ini “menjelma” sebagai sosok Ratu Horor Indonesia yang legendaris tersebut berkat kualitas makeup yang maksimal.

A Mother’s Love (2018)

Beberapa tahun belakangan ini tampaknya Joko Anwar sangat gemar menciptakan film horor. Satu lagi film horor karya Joko Anwar yang tidak terlalu booming adalah A Mother’s Love, namun film ini sangat layak untuk ditonton di HBO Asia. Film drama horor ini hendak mengangkat sosok hantu lokal yaitu Wewe Gombel.

Bercerita tentang Murni, seorang single parent yang memiliki anak laki-laki bernama Jody. Karena hidup dalam kemiskinan, Murni sering berpindah-pindah kontrakan. Hingga suatu hari, Murni menemukan hal yang tidak terbayangkan di loteng rumah singgah baru mereka.

Rumah Dara (2010)

Film yang bersemboyan “Horor menemukan seorang ibu” ini disutradarai oleh Mo Brothers dan dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama. Film Rumah Dara berkisah mengenai sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh misterius yang bernama “Dara”. Film ini menjadi reuni antara aktris Julie Estelle dan Imelda Therinne setelah kolaborasi mereka dalam Kuntilanak 3.

Dalam twitter resmi Rumah Dara, diumumkan bahwa film ini dicekal dan dilarang untuk tayang di Malaysia karena tema yang dianggap bertentangan dengan hukum sensor film Malaysia. Film ini menjadi film Indonesia pertama yang dicekal dan dilarang untuk tayang di Malaysia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03