29 March 2024 - 15:07 15:07

Di Tengah Pandemi, Menlu Retno Lakukan Diplomasi Medis ke 11 Negara

Retno Marsudi

WartaPenaNews, Jakarta -  Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan diplomasi Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19 tidak hanya diarahkan untuk kebutuhan jangka pendek, namun juga untuk kepentingan jangka panjang yang strategis. Hal ini diungkapkan dalam pemaparan Kinerja Diplomasi Satu Tahun Kabinet.

“Sejauh ini Indonesia telah menjalin kerja sama dengan 120 pihak yang terdiri dari 11 negara, 12 organisasi internasional dan 97 NGOs,” kata Retno dalam konferensi pers virtual, Kamis 22 Oktober 2020.

Di awal pandemi, diplomasi berfokus untuk pemenuhan kebutuhan alat diagnosis dan pengobatan, antara lain kerja sama produksi bersama untuk melancarkan rantai pasokan alat pelindung diri dan jubah operasi.

Selain itu, pemenuhan kebutuhan bahan baku obat terapi di antaranya Hydroxichloroquine, Hydroxichloroquine Chloroquine Phospate, Oseltamivir Phospate, dan pengadaan obat terapi Avigan. Ditambah pengadaan ventilator sebanyak 1.900 unit lewat dukungan internasional.

“Mengenai vaksin tugas utama diplomasi adalah membuka jalan dan akses terhadap komitmen penyediaan vaksin baik dari jalur bilateral maupun multilateral. Tugas ini tidak mudah, namun dapat dijalankan dengan baik,” tutur Menlu.

Sampai saat ini, diplomasi Indonesia berhasil menyepakati komitmen penyediaan vaksin untuk tahun 2020 sampai dengan 2021. Tak hanya untuk dalam negeri, diplomasi Indonesia juga digerakkan untuk mendukung vaksin di level multilateral.

“Fasilitasi kerja sama antara Bio Farma dengan CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Initiative) dijalankan, termasuk keinginan Bio Farma untuk menjadi salah satu manufacturer vaksin global,” kata Retno. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03