29 March 2024 - 22:36 22:36

Di Tengah Pandemi, Penggunaan E-Wallet Makin Marak

WartaPenaNews, Jakarta  – Pada era globalisasi ini, masyarakat Indonesia mulai terbiasa dengan alat pembayaran non tunai atau Cashless Payment. Cashless Payment mulai populer di Indonesia tahun 2014, sejak Bank Indonesia memulai Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang menjadi langkah awal mewujudkan masyarakat pembayaran tanpa uang tunai.

Cashless Payment membuat transaksi menjadi lebih aman, praktis, mudah dan efisien. Salah satu bentuk Cashless Payment yaitu E-Wallet.

Apa itu E-Wallet? E-Wallet merupakan sebuah program yang memungkinkan penggunanya menyimpan uang digital dan melakukan transaksi dengan mudah kapanpun dan di manapun. E-Wallet termasuk dalam jenis E-Money, di mana uang tersimpan pada server.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa penyedia E-Wallet seperti OVO, Dana, Gopay, ShopeePay, Doku, dan lain sebagainya.

Di tengah pandemi COVID-19, adanya aturan Lockdown dan Physical Distancing merubah kebiasaan masyarakat terlebih pada kebiasaan bertransaksi pada E-Commerce.

Dalam hal ini, terdapat peningkatan pengguna E-Commerce yang didukung dengan pembayaran melalui E-Wallet. E-wallet hadir memberikan kemudahan dengan berbagai kelebihan, terlebih di saat pandemi COVID-19 ini.

Berikut kelebihan E-Wallet pada saat pandemi COVID-19 :

1. Mengurangi kontak fisik saat bertransaksi yang diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus COVID-19.

2. Dapat dilakukan dengan mudah dari mana saja dan kapan saja.

3. Terdapat banyak promosi menarik seperti discount dan cashback dari para penjual di era pandemi COVID-19 ini.

Demikian beberapa kelebihan dari penggunaan E-Wallet di masa pandemi COVID-19. Diharapkan masyarakat Indonesia semakin banyak yang menggunakan E-wallet terlebih pada era pandemi COVID-19, karena selain memiliki banyak kelebihan , E-wallet juga sejalan dengan penerapan protokol kesehatan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03