6 May 2024 - 14:54 14:54

Dicurigai Bisa Pengaruhi Warga AS, Negara Bagian Montana Melarang TikTok

TikTok dilarang di AS

IPOL.ID – Gubernur Montana Greg Gianforte, pada Rabu (17/5), menandatangani rancangan undang-undang yang melarang TikTok. Aplikasi berbagi video milik China ini secara legal telah sah untuk  tidak bisa beroperasi di negara bagian tersebut. Keputusan itu menjadikan Montana negara bagian di AS pertama yang melarang aplikasi berbagi video pendek yang populer tersebut.

Montana akan melarang Google dan Apple untuk menawarkan aplikasi TikTok di dalam wilayahnya. Larangan itu mulai berlaku 1 Januari 2024.

TikTok, yang memiliki lebih dari 150 juta pengguna di Amerika Serikat, menghadapi seruan pelarangan yang datang terus menerus dari anggota kongres AS dan pejabat negara bagian, di mana mereka meminta aplikasi tersebut untuk dilarang secara nasional karena kekhawatiran akan potensi pengaruh dari pemerintah China dalam platform tersebut.

Pada bulan Maret, komite kongres menanyakan kepada Kepala Eksekutif TikTok, Shou Zi Chew, tentang apakah pemerintah China dapat mengakses data pengguna atau memengaruhi apa yang dilihat warga AS di aplikasi tersebut.

Gianforte, yang juga merupakan anggota Partai Republik, mengatakan rancangan undang-undang itu akan melanjutkan “prioritas bersama kami untuk melindungi warga Montana dari pengawasan Partai Komunis China.”

TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan teknologi China ByteDance, mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa RUU itu “melanggar hak Amandemen Pertama rakyat Montana dengan melarang TikTok secara tidak sah.” Pernyataan tersebut menambahkan, pihak perusahaan “akan membela hak pengguna kami di dalam dan di luar Montana.”

Sebelumnya, TikTok telah menyangkal pernah berbagi data dengan pemerintah China dan mengatakan perusahaan tidak akan melakukannya jika diminta. (timur/voa)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03