29 March 2024 - 22:53 22:53

Didiet Maulana Percantik Kemasan Khusus Bango Cita Mallika dengan Tenun

WartaPenaNews, Jakarta – Tenun sedang naik daun, karena luwes didesain menjadi busana untuk semua kelompok usia, khususnya anak muda. Dan sosok Didiet Maulana menjadi persona dari brand Tenun Ikat Indonesia.

Kisah Tenun, Dari Harapan, Doa, dan Cita-Cita Pembuatnya

Konsen mengeksplor tenun ikat, Didiet Maulana melihat keindahan tenun sebagai wastra warisan adiluhung bangsa. Tenun bukan hanya sekedar produk tekstil, namun dibalik proses pembuatan terselip doa, harapan, cita-cita dan peruntukannya.

Melalui tangan dan jari-jemari ibu-ibu sepuh, hadir warna dan ragam motif yang menyemburatkan kehidupan manusia dan keindahan alam
Keindahan itu nyata yang berbuah pengakuan masyarakat dunia.

Tenun menjadi buruan kolektor, desainer dan masyarakat penikmat fesyen dari dalam dan luar negeri. Salah satu persona yang tertarik mengeksplor tenun adalah desainer Didiet Maulana. Melalui lini Ikat Indonesia, Didiet menggarap tenun dengan selera kekinian, yang terbukti mampu memikat generasi muda untuk tertarik dan bangga berbusa tenun.

Tenun bagi Didi harus tampil baru dalam warna-warna cerah diantaranya oranye, biru, merah dan cokelat tanpa meninggalkan ciri khasnya sebagai wastra etnik Nusantara. Ciri khas dihadirkan melalui potongan-potongan loose fit, cropped top, collar shirt. Selain model jaket tenun yang banyak digemari.

Souvenir Edisi Terbatas Motif Tenun “Cita Mallika” Harapan dan Doa Karya Didiet Maulana.

Cita Malikka, Harapan dan Doa Dari Perjalanan ke Kulon Progo

Ketika diminta untuk mendesain Bango kemasan khusus “Cita Mallika” , Didiet harus melihat langsung kehidupan petani kedelai hitam Malikka di Desa Lendah, Kulon Progo, “Perjalanan yang telah membukakan mata saya, pada sebuah brand yang dibangun dengan cinta.

Didiet menggunakan motif tenun ikat dengan ciri khas motif titik menyerupai biji kedelai. “Ada satu motif tenun ikat tulang (biji) kedelai dari Lombok. Bentuknya seperti segi tiga yang bertemu, yang artinya harapan dan doa.

Pemilihan warna, karakter visual dari tenun dan cerita yang saya dapatkan dari perjalanan ini, tertuang dalam motif ‘Cita Mallika’.

“Semoga dapat menggambarkan kebahagiaan, optimisme dan keindahan. Semoga, kerjasama akan terus terjalin antara Bango, petani dan setiap penikmat #KelezatanAsli kuliner Indonesia.” (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03