19 April 2024 - 11:29 11:29

Direktur Keuangan BNI Syariah Raih Indonesia Best CFO Award 2019

WartaPenaNews, Jakarta – BNI Syariah meraih penghargaan Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) Award 2019 oleh Majalah Swa. Penghargaan Chief Financial Officer (CFO) ini merupakan kali pertama diperoleh BNI Syariah.

Hadir menerima penghargaan Pemimpin Divisi Keuangan BNI Syariah, Friyandana Wijaya. Penghargaan ini berlangsung di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Wahyu Avianto mengatakan dalam tiga tahun terakhir, BNI Syariah mampu menunjukkan kinerja yang positif. Sampai kuartal 2 2019 membukukan aset sebesar Rp42,49 triliun dan laba bersih sebesar Rp315,27 miliar. Selain itu pembiayaan BNI Syariah sampai kuartal 2 2019 sebesar Rp31,66 triliun, tumbuh 26,03% secara tahunan atau year on year (yoy).

“Untuk mengoptimalkan kinerja, kami telah menjalankan lima strategi utama,” kata Wahyu.

Lima strategi ini adalah pengelolaan portofolio pembiayaan yang memastikan optimalisasi tingkat return dan kesehatan permodalan; pengelolaan portofolio dana pihak ketiga (DPK) untuk mengoptimalkan profitabilitas dengan menjaga likuiditas; menjaga kualitas pembiayaan untuk menekan beban cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN); meningkatkan pendapatan recovery dan melakukan efisiensi beban operasional.

Selain lima strategi ini, BNI Syariah juga melakukan respon untuk menghadapi era digital 4.0 diantaranya adalah pengembangan IT dan kapabilitas digital; penyiapan SDM; dan penguatan modal.

Menurut Wahyu, peran direktur keuangan adalah mencapai Quality Earning & Sustainability perusahaan melalui stakeholder management. Artinya, kinerja perusahaan harus mampu memberikan value pada segenap stake-holder secara seimbang, yakni kepada pemegang saham, masyarakat, pegawai dan lingkungan.

Dengan prinsip tersebut, BNI Syariah bisa mencetak kinerja yang berkualitas, di mana CAGR (Compund Annual Growth Rate) beberapa indikator kinerja dalam 6 tahun terakhir (2013-2018) lebih baik dibanding industri perbankan syariah.

Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) Award 2019 merupakan apresiasi yang diberikan kepada para direktur keuangan untuk mendukung pengembangan para profesional di bidang keuangan dalam peran strategis mengembangkan perusahaan di Indonesia menjadi lebih kokoh, besar dan kompetitif.

Penghargaan ini diikuti oleh sejumlah direktur keuangan dari perusahaan di Indonesia maupun multinasional. Ada empat kriteria yang menjadi penilaian diantaranya kejelasan direktur keuangan dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi perusahaan; strategi dan terobosan direktur keuangan untuk mencapai sasaran perusahaan; hasil yang dicapai dan kecakapan dalam presentasi. (sol)

 

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03