29 March 2024 - 21:32 21:32

Dirgahayu ke-49 Tahun, HIPMI Sambut Era Bonus Demografi & Revolusi Industri 4.0

WartaPenaNews, Jakarta – Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming mengatakan, HIPMI tengah menuju era keemasan yang kini akan menginjak usia 49 tahun.

“Selamat ulang tahun kepada HIPMI yang ke-49 dan juga mengucapkan terima kasih serta penghormatan kepada pendiri dan pencetus HIPMI bang Abdul Latief dan Ketua Dewan Pembina HIPMI bang Bahlil Lahadalia serta para ketua umum dari masa ke masa yang meluangkan waktunya untuk membangun organisasi HIPMI ini. Ke-49 tahun organisasi HIPMI ini, kita menghadapi masa pandemi yang luar biasa tapi saya yakin pengurus HIPMI dan seluruh anggota HIPMI serta kader-kader HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi Indonesia lebih baik lagi,” ujar Maming, dalam acara Perayaan Ulang Tahun HIPMI ke-49, Kamis (10/6/2021).

Maming menegaskan, sebagai organisasi independen nonpartisan yang bergerak di bidang perekonomian, HIPMI selalu berjuang membangun Indonesia dari sektor pertumbuhan ekonomi. Seperti halnya sekarang ini, kata Maming, HIPMI konsisten mengawal dunia usaha agar dapat terus tumbuh di masa pandemi Covid-19 yang menjadi periode sulit bagi pelaku usaha.

“Dirgahayu HIPMI ke-49 tahun yang bertepatan pada 10 Juni akan datang ini sangat monumental, karena mendekati usia emas HIPMI yang akan dijelang pada 2022 nanti. Artinya, kepengurusan HIPMI kali ini ada di fase 50 tahun atau setengah abad organisasi pengusaha muda Indonesia,” ucapnya.

Dalam persiapan menyambut bonus demografi, kata Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu, ini juga adalah peluang sekaligus tantangan tersendiri. Seperti yang sama-sama diketahui bahwa memasuki era bonus demografi hingga puncaknya pada 2030-2040 nanti, akan menjadikan jumlah penduduk usia produktif Indonesia, yakni yang berusia 15-64 tahun jumlahnya lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif, atau penduduk yang berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun.

“Jika mampu memanfaatkan bonus itu dengan baik, Indonesia dapat menjadi salah satu negara maju di dunia, generasi mudanya akan mengisi posisi-posisi strategis tidak saja di Indonesia, tapi juga di regional Asia Tenggara bahkan dunia, dikarenakan populasi masyarakat di negara maju justru lebih banyak usia senja. Jawaban satu-satunya dalam menyikapi situasi itu adalah kita harus mencetak sumber daya manusia (SDM), yang memiliki keterampilan di berbagai bidang guna menyambut peluang besar di era bonus demografi nanti,” ungkapnya.

Maming mengatakan, melalui pendidikan dan pelatihan, maka skill yang memadai dapat mendorong terwujudnya SDM yang kreatif, berkualitas dan berdaya saing dan melek teknologi dan informasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Dilandasi semangat untuk menumbuhkan wirausaha di kalangan pemuda, HIPMI akan terus berjuang tidak saja diharapkan menjadi pengusaha nasional yang tangguh, tetapi juga menjadi pengusaha yang berwawasan kebangsaan dan memiliki kepedulian terhadap tuntutan nurani rakyat.

“Untuk itulah, kami ingin era keemasan tersebut dapat diwujudkan seiring peran penting HIPMI membantu memutar roda perekonomian bangsa Indonesia agar bergerak maju dan semakin cepat,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dalam 50 tahun ke depan, HIPMI mempersiapkan kader calon pemimpin terbaik untuk Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, para mantan Ketua Umum BPP HIPMI yaitu Pendiri dan Pencetus HIPMI Abdul Latief, Ketua Umum BPP HIPMI masa bakti 1977-1979 Aburizal Bakrie, Ketua Umum BPP HIPMI masa bakti 2001-2005 Muhammad Lutfi, Ketua Umum BPP HIPMI masa bakti 2008-2011 Erwin Aksa Mahmud, dan Ketua Umum BPP HIPMI masa bakti 2015-2019 Bahlil Lahadalia. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03