25 April 2024 - 00:55 0:55

Ditengah Konflik yang Mendera, Pamor Partai Demokrat Justru Naik

WartaPenaNews, Jakarta – Ditengah berbagai ‘gempuran’ dan konflik, justru elektabilitas Partai Demokrat terus menanjak. Yang mengejutkan partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini berada di peringkat dua di bawah Partai Demokrasi Indonesesia Perjuangan (PDIP)

Berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi (LP3ES), PDIP berada di nomor satu berada jauh dari partai lain yaitu 24,0 persen. Partai Demokrat di nomor dua memiliki elektabilitas sebesar 11,3 persen.

“Partai Gerindra yang berada di nomor tiga elektabilitasnya di 9,0 dan Partai Golkar berada di urutan ke empat dengan tingkat elektabilitas 7,4 persen,” kata peneliti LP3ES, Erwan Halil lewat keterangannya, Kamis (6/5/2021).

Sebagaimana diketahui, Demokrat digempur berbagai masalah, salah satu diantaranya datang dari mantan Panglima TNI Jenderal (pur) Moeldoko yang menggelar KLB dan memilihnya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Padahal beberapa survei-survei lain menempatkan posisi Partai Demokrat umumnya hanya tembus di posisi empat bahkan di bawahnya. Tetapi berdasarkan hasil survei LP2ES Partai Demokrat di atas Partai Gerindra. Gokar serta sejumlah partai lainnya.

“Jika Pemilu dilaksanakan saat ini, partai politik paling banyak dipilih responden adalah PDIP, diikuti oleh Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, dan PKS enam persen,” ujar Erwan.

Secara berturut-turut elektabilitas PKS 6,0 persen, Nasdem 2,8 persen, PKB 2,4 persen, PAN 2,2 persen dan PPP 1,0 persen. Sedangkan partai-partai di luar parlemen dukunganya masih tipis seperti Partai Berkarya dan PSI 0,3 persen, PKPI, PBB, Perindo, dan Hanura 0,2 persen. Dari survei itu masih ada 30 persen responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Para pendukung mengaku sudah memilih partai sejak dulu sebesar 19,8 persen. Responden yang memilih karena visi dan misi serta program ada 9,2 persen dan responden yang memilih karena partai peduli orang kecil 8,3 persen.

Survei melibatkan 1.200 orang dilakukan pada 8-15 April 2021 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuisioner. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03