30 Januari 2023 - 14:20 14:20
728x90

Diterjang Banjir, Delapan Rumah Warga Mamuju Hanyut

wartapenanews.com – Delapan rumah di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) hanyut terbawa banjir besar yang terjadi pada Selasa (11/10/2022)

berdasarkan data pemerintah Provinsi Sulbar, banjir hebat melanda kabupaten Mamuju pada Selasa siang sekitar pukukl 14.0 WITA dan menhayutkan delapan rumah warga.

“Sebanyak delapan rumah milik warga dilaporkan hanyut akibat banjir di Kecamatan Kalukku,” kata Kepala BPBD Provinsi Sulbar, Amri Eka Sakti di Mamuju, Rabu (12/10/2022).

Ia mengatakan, rumah warga yang hanyut dilaporkan terdapat pada sejumlah Desa di Kecamatan Kalukku diantaranya sebanyak empat unit rumah hanyut di Desa Sondoang.

Selain itu tiga rumah hanyut di Kelurahan Sinyonyoi Selatan, kemudian satu rumah hanyut dan satu tertimbun serta tiga tiang listrik tumbang di Desa Pammulukan.

BPBD Sulbar juga mencatat sejumlah sekolah, puskesmas dan kantor desa dan sejumlah pelayanan umum lainnya kemudian rumah ibadah terdampak banjir tersebut.

BPBD Sulbar telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Mamuju melakukan penanganan dampak bencana dengan menurunkan peralatan tanggap darurat.

“Kendaraan truk serba guna, kendaraan angkut pasukan, perahu polietelin dua unit, tenda pengungsi, sarana listrik, dan mesin genset telah diturunkan dilokasi bencana,” katanya.

Selain itu, telah ditetapkan status tanggap darurat Banjir Kalukku serta didirikan dapur umum di lokasi pengungsian bencana banjir Kalukku bekerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Sulbar.

“BPBD Sulbar juga berkoordinasi dengan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kementerian PU Sulbar untuk memenuhi kebutuhan air bersih korban banjir di Kecamatan Kalukku,” katanya.

“Lima unit mobil tangki air dan dua unit tandon air, diturunkan ke lokasi bencana, serta mendirikan tenda pengungsian dari hasil koordinasi itu,” sambungnya.
​​​​
Pemerintah Sulbar akan terus berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk penanganan banjir di Kecamatan Kalukku.

Berdasarkan data sementara pemerintah di Mamuju, sedikitnya 1.625 unit rumah dilanda banjir dan mengalami kerusakan, sementara sekitar 5.271 jiwa dalam penanganan pemerintah Mamuju sebagai pengungsi.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03